Wisata Dan Kuliner

Layak Jadi Obyek Wisata, Bupati Kunjungi Bukit Angkrukanis

BANJARNEGARA, detakjateng.com – Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono mengunjungi Bukit Angkrukanis di Perbatasan Kecamatan Punggelan dan Pandanarum, Selasa (26/8/2020).

Angkrukanis baru-baru ini viral setelah Pemkab membangun jalan hotmix kesana. Lokasinya di ujung utara Desa Tlaga Mlaya Kecamatan Punggelan yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Pandanarum.

Pemandangan yang indah dari puncak bukit yang cukup tinggi kisaran 850 mdpl, sehingga udara sekitar sejuk segar alami.
Yang paling menarik pemandangan di pagi hari saat matahari terbit seolah olah muncul dari celah gunung Sindoro dan Sumbing yang bisa dilihat dengan jelas.
Saat kabut turun di siang maupun sore pengunjung pun seolah olah berada di atas awan.

Bupati berharap masyarakat sekitar dapat memperoleh manfaat ekonomi dengan semakin maraknya tempat tersebut dikunjungi orang.

Budhi berpesan agar Angkrukanis dikelola dengan manis. Dan bisa bekerja sama dengan banyak pihak.

“Tempat ini layak jadi wisata keluarga juga wisata minat khusus. Saya minta Angkrukanis dikelola dengan baik dan tertib, ingatlah sapta pesona,” kata bupati.

“Silakan warga jualan, tapi harga yang wajar. Makanan, minuman yang sehat, alami dan utamakan yang lokal,” lanjutnya.

“Dan sangat penting, jagalah kebersihan, keamanan, keramahan. Dan sediakan toliet yang layak. Silakan dikelola dengan baik. Pemkab sudah membangun akses jalan yang bagus, masyarakat yang mengembangkan wisatanya,” kata bupati di hadapan camat, kades dan karamg taruna dari Desa Tlaga, Mlaya dan Pandanarum.

Menurut Darwin, tokoh pemuda setempat,
rencana pengelolaan obyek jalan viral Angkrukanis tersebut akan dikelola pemuda karangtaruna dari desa sekitar yang akan bekerja sama dengan lembaga masyarakat daerah hutan LMDH.

“Karena wilayah tersebut merupakan hutan milik Perhutani, tentunya kami juga akan minta ijin dan kerja sama dengan Perhutani,” katanya.

Menurut Darwin, pengembangan
kedepan tidak menutup kemungkinan bisa menarik investor baik lokal maupun luar daerah untuk bekerjasama dengan pihak pengelola jalan viral bukit Angkrukranis.

“Harapan kami masyarakat tentunya adanya jalan viral bukit Angkrukranis berefek positif bisa meningkatkan perekonomian desa sekitar. Ekonomi desa bisa hidup seperti di jalur tol Sigemplong yang menghubungkan Dieng dengan Kabupaten Batang,” harapnya.

Sementara itu Kades Tlaga, Wiwi Susanti, mengatakan, pihak pemerintahan desa tentunya siap mendukung via BUMDES untuk bekerja sama dengan pihak pengelola sewaktu waktu dibutuhkan pihak pengelola.

“Pemerintah desa siap bekerja sama melalui Bumdes. Tapi kami
meminta semua pihak agar saling menjaga hutan setempat karena itu merupakan hutan yang perlu kita lindungi bersama sama,” pungkasnya.

Bukit Angkrukanis baru-baru ini menjadi trending topic, setelah Pemkab Banjarnegara membangun jalan hotmix kesana. Banyak warganet membandingkan dengan tol “atas awan” Sigemplong. Kini tempat tersebut banyak dikunjungi warga dan pelancong yang pemasaran menyaksikan keindahan alam dari atas bukit. Bahkan komunitas sepeda banyak yang gowes kesana (AN)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twenty − 5 =

Back to top button