Berita UtamaHukum, Kriminal Dan Militer

Iseng Tanam Pohon Ganja, 2 Pria di Magelang Berurusan dengan Polisi

MAGELANG, detakjateng.com – Dua orang pria yang iseng menanam pohon ganja akhirnya harus berurusan dengan polisi. Keduanya Af (26) warga Mertoyudan dan D (39) warga kecamatan Dukun lereng gunung Merapi, Kabupaten Magelang.

“Jajaran Satnarkoba berhasil membekuk keduanya dan kini mereka ditahan untuk proses lebih lanjut,” kata Kapolres Magelang, AKBP Ronald A Purba, Kamis (17/9/2020).

Ronald menjelaskan, dua tersangka ini menanam pohon ganja yang jumlahnya mencapai 45 batang. Ada yang sudah tinggi mencapai 2 meter ada juga yang baru sekitar 20 cm. Terungkapnya kasus ini, berawal dari laporan masyarakat.

“Atas dasar laporan itu, petugas melakukan penyelidikan dan akhirnya menemukan ada 5 pohon ganja berbagai ukuran yang ditanam di dalam pot. Pohon itu diletakkan di dalam rumah milik Af di Mertoyudan,” kata Ronald.

Polisi melakukan pengembangan, ternyata teman Af yang tinggal di Dukun, juga memiliki pohon ganja. Polisi langsung melakukan penyelidikan dan menemukan pohon ganja yang di tanam di lahan bengkok sebanyak 40 batang.

“Yang kita temukan berbagai ukuran, ada yang ditanam di pot rumah, ada pula yang ditanam di tanah bengkok. Kita juga menemukan ganja kering,” terangnya.

Dari tangan keduanya, polisi kemudian mengamankan barang bukti berupa puluhan pohon ganja. Rencananya, pohon itu akan dimusnahkan.

Atas perbuatannya, Af dijerat pasal 111 ayat 1 UU RI no 35 tahun 2009 tentang narkotika, dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara dan denda Rp 8 milyar. Sedangkan D dijerat pasal III ayat 2 no 35 tahun 2009 dengan ancaman hukuman penjara  seumur hidup.

Kepada wartawan, D mengaku hanya iseng menanam pohon ganja untuk dikonsumsi sendiri. Ia mendapatkan benih ganja ini melalui pemesanan online pada Mei lalu. Kedua tersangka ini sama-sama mengaku baru pertama kali ini menanam pohon ganja. (Watie/TR).

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twelve − 10 =

Back to top button