Hukum, Kriminal Dan Militer

Polisi Kawal Ketat Eksekusi Rumah di Bojanegara Purbalingga

PURBALINGGA, detakjateng.com – Polres Purbalingga mengamankan proses eksekusi sebidang tanah dan rumah di Perumahan Puri Boja Blok B. No 18 Desa Bojanegara Kecamatan Padamara, Purbalingga. Eksekusi dilakukan oleh Panitera dan Jurusita Pengadilan Negeri Purbalingga.

Kapolsek Padamara AKP Tri Arjo Irianto mengatakan, Polres Purbalingga dan Polsek Padamara melaksanakan pengamanan proses eksekusi sebidang tanah dan rumah di Perumahan Puri Boja Desa Bojanegara Kecamatan Padamara. “Kami libatkan 32 personel untuk melaksanakan pengamanan untuk menjamin kegiatan eksekusi yang dilakukan Pengadilan Negeri Purbalingga berjalan dengan aman dan lancar,” katanya, Sabtu (12/9).

Eksekusi sebidang tanah dan rumah dilakukan oleh Pengadilan Negeri Purbalingga atas permohonan dari Salamun (55) warga Desa Sidakangen, Kecamatan Kalimanah, Purbalingga. Salamun merupakan pemenang gugatan perdata dengan jaminan rumah diatas tanah seluas 81 meter persegi SHM No.01625 Persil 62 Klas D1 Blok 8 milik Bawono Adi Linuih (45) yang lokasinya berada di Perumahan Puri Boja Blok B. No 18 Desa Bojanegara Kecamatan Padamara, Purbalingga.

Dari data yang diperoleh, tanah dan bangunan rumah tersebut sudah dilakukan transaksi jual beli oleh penggugat dan tergugat. Namun tanah yang ada bangunan rumahnya tersebut masih dihuni oleh Bawono beserta istri dan dua anaknya. Karena masih ditinggali, akhirnya Salamun mengajukan gugatan perdata ke Pengadilan Negeri PurbaIingga.

Setelah melalui mekanisme di Pengadilan Negeri Purbalingga, permohonan eksekusi dikabulkan. Setelah adanya penetapan dari Ketua Pengadilan Negeri Purbalingga nomor : 06/Pdt.Eks/2020/PN.Pbg tanggal 17 Juli 2020 akhirnya dilaksanakan eksekusi tanah dan bangunan di Perumahan Puri Boja Blok B. No 18 Desa Bojanegara Kec. Padamara, Purbalingga.

Dari pantauan dalam pelaksanaan eksekusi, tidak ada perlawanan dari pemilik rumah. Tergugat secara sukarela menyerahkan langsung kunci rumah kepada ketua tim panitera dan jurusita Pengadilan Negeri Purbalingga. Penyerahan disaksikan oleh pihak pengacara penggugat dan perangkat Desa Bojanegara. (Pt)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × two =

Back to top button