Lingkungan Dan Pertanian

Kelaparan, Ratusan Kera Turun Gunung

BANYUMAS,detakjateng.com – Ratusan monyet yang berada di hutan Desa Cikakak Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas turun gunung. Kawanan kera ini mencuri buah – buahan milik warga dan masuk ke rumah untuk mencuri makanan.

Menurut warga, ratusan kera ini juga seringkali mencuri makanan di warung, ” Hewan itu nekad mencuri makanan di pemukiman karena makanan di hutan habis, ” ujar Sarto (33).

Berdasar pemantauan detakjateng.com, Rabu (9/9/2020), hewan – hewan lucu ini berloncatan di atas rumah warga. Kawanan ini tak segan-segan masuk ke rumah dengan cara membuka genteng. Hewan ini kemudian masuk ke dapur dan memakan apa saja yang ada di meja makan.

Sejumlah warung disekitar Obyek Wisata Masjid Saka Tunggal yang berada di sisi hutan Cikakak juga menjadi sasaran. Jajanan seperti roti yang biasnaya digantung, diambil dan dibawa kabur.

Menurut warga, turunnya kera ke kampung selalu terjadi saat musim. Hal ini terjadi karena makanan di hutan sudah tidak mencukupi. Di hutan itu terdapat ribuan monyet.

Karena itulah pemerintah setempat biasanya mengadakan tradisi memberi makan monyet pada bulan September atau Oktober. Namun karena masih masa pandemi sehingga kegiatan tersebut ditiadakan.

Untuk mengurangi serbuan kera tersebut,warga dan pemilik warung biasanya menakut – nakuti hean itu dengan ban bekaa. ” Entah kenapa kera – kera itu sangat takut dengan bekas ban,” tutur Sarno !26) warga setempat. Tak heran jika terlihat banyak ban bekaa di dwoan warung maupun di atas genteng rumah warga (Ana Nurani).

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nineteen + 10 =

Back to top button