Peristiwa

Demak Disapu Hujan Angin, Pohon Besar Bertumbangan

DEMAK, detakjateng – Hujan lebat disertai angin kencang melanda Demak, Sabtu (31/10) sore. Imbasnya, pohon-pohon besar di sejumlah lokasi bertumbangan. Bahkan arus lalulintas dari arah Kudus menuju Demak sempat macet, sehubungan adanya pohon trembesi berukuran cukup besar roboh di sekitaran Desa Sedo Kecamatan Demak.

“Alhamdulillah sekitar pukul 20.30 arus lalulintas sudah kembali normal. Berkat para personel URC ganbungan BPBD, PMI dan relawan yang bergerak cepat memotong dan menyingkirkan batang pohon roboh yang cukup besar,” ungkap Siswanto, warga Sedo.

Berdasarkan pantauan BPBD Kabupaten Demak, laporan masuk terkait pohon tumbang datang dari sejumlah desa atau lokasi. Di antaranya di Desa Balerjo dan Brakas Kecamatan Dempet. Bahkan di Desa Harjowinangun juga Kecamatan Dempet dilaporkan adanya sejumlah rumah yang gentengnya rontok dihempas angin.

Tidak dilaporkan adanya korban jiwa dalam kejadian tersebut. Kecuali kerugian material, yang saat ini sedang dalam inventarisasi petugas penanggulangan bencana dibantu pemerintah desa. 

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Demak HM Agus Nugroho LP menyampaikan, saat ini secara umum Indonesia termasuk Kabupaten Demak  memang sedang memasuki fenomena alam yang disebut La Nina. Sehubungan itu berdasarkan  prakiraan BMKG,  potensi hujan disertai angin dengan intensitas tinggi 40 % di atas normal berpotensi terjadi  dari bulan Nopember dan ouncaknya pada  Desember 2020 – Pebruari 2021.

“Pengurangan risiko bencana (mitigasi) sudah kami lakukan, baik secara struktural maupun non-struktural termasuk secara spiritual. Semoga Kabupaten Demak pada khususnya dan Jawa Tengah pada umumnya aman, terkendali serta dijauhkan dari musibah, bencana dan semua penyakit. Aamiiin,” tandasnya. (Jati/Pt)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

17 + six =

Back to top button