Hukum, Kriminal Dan Militer

Cegah Penyebaran Covid-19, Ruang Tahanan Polres Temanggung Rutin Disemprot Disinfektan

TEMANGGUNG detakjateng- Sebagai upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19 di tahanan, Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Temanggung rutin melakukan menyemprotkan cairan disinfektan ke seluruh ruang tahanan. Tak hanya itu, para tahanan juga diberikan vitamin, agar stamina dan kebugaran mereka tetap terjaga.

Kapolres Temanggung AKBP Benny Setyowadi mengungkapkan, penyemprotan cairan disinfektan tersebut  dilakukan, sebagai upaya untuk memutus rantai penyebaran Virus Corona. Penyemprotan dimulai dari pintu masuk, ruang besuk tahanan, tempat ibadah, tempat jaga, ruang pemantauan CCTV hingga setiap blok ruang tahanan.

Menurutnya, para tahanan juga memiliki hak yang sama untuk mendapatkan jaminan kesehatan, khususnya dalam hal pencegahan penyebaran Virus Corona.”Langkah ini sebagai bentuk untuk memutus rantai dari penyebaran virus Covid-19 yang saat ini sedang terjadi. Lingkungan Polres Temanggung juga rutin kami semprot disinfektan,” ungkapnya, Senin (9/11/2020).

Hal senada diungkapkan Perwira Urusan Kesehatan (Paurkes) Polres Temanggung Ipda Gutomo. Dia mengatakan, penyemprotan ini dilakukan tidak hanya pada ruang tahanan saja, namun di setiap sudut dan ruang kerja personel juga dilakukan penyemprotan rutin. “Setiap hari pada jam dinas kami lakukan penyemprotan disinfektan sebanyak dua kali yaitu pagi dan sore hari,” ujarnya.¬†

Menurut dia, untuk penyemprotan akan dilaksanakan rutin setiap hari sampai penyebaran wabah virus Covid-19. Selain itu, untuk mencegah penyebaran Covid-19, saat ini Polres Temanggung juga tidak memberlakukan jam besuk kepada para tahanan. “Hal ini bertujuan untuk menghindari kontak langsung dan keramaian saat keluarga atau rekan tahanan menunggu di ruang tunggu.¬†

“Selain penyemprotan disinfektan, kami juga memastikan setiap tahanan secara rutin mendapat asupan vitamin guna menjaga stamina dan kebugaran. Vitamin ini merupakan salah satu hal yang penting guna menjaga kesehatan dan kebugaran para tahanan. Semoga dengan upaya ini, mereka dapat terhindar dari penyakit menular, khususnya Covid-19,” harapnya. (Muhammad Abdul Rohman-Tie)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × one =

Back to top button