Pendidikan Dan Budaya

Dindikbud Batang Siapkan Skenario ‘Numpang’ Ujian untuk Hadapi Asesmen Nasional

BATANG, detakjateng – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Batang menyiapkan skenario ‘numpang’ ujian untuk hadapi Asesmen Nasional (AN) tahun depan. Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar, Disdikbud Batang, Sumanto mengatakan AN adalah pengganti skema Ujian Nasional (UN).

Ia menjelaskan maksud dari ‘numpang’ adalah metode resource sharing. Jika memungkinan, pelaksanaan AN Sekolah Dasar bisa menggunakan sarana dan prasarana di Sekolah Menengah Pertama (SMP) terdekat.

“Pelaksanaan AN SMP kan Maret, lalu SD pada Agustus. Jadi bisa saling berbagi,” katanya, Selasa (17/11).

Ia mengatakan Sarpras untuk pelaksanaan AN adalah komputer atau laptop untuk melaksanakan ujian online. Seluruh SMP di Kabupaten Batang sudah mempunyai fasilitas tersebut.

Sumanto menjelaskan, untuk siswa SD pihaknya hanya membutuhkan sekitar lima hingga sepuluh komputer untuk pelaksanaan ujian online. Pihaknya tidak akan memaksakan diri membeli laptop atau komputer untuk 454 SD di Batang.

Di sisi lain, untuk SD yang sudah punya sarana dan prasarana diharapkan meningkatkam bandwith saat pelaksanaan ujian. Pihaknya pun sudah punya rencana bekerjasama dengan penyedian jaringan internet.

“Kalau bandwith dinaikkan cuma sebulan kan bisa, setelah itu diturunkan lagi, sehingga tidak membebani anggaran,” jelasnya.

Kepala Disdikbud Batang, Ahmad Taufiq menyatakan AN terdiri atas tiga komponen yaitu asesmen kompetensi minimal, survey karakter, dan survey lingkungan belajar. Tidak hanya siswa, guru hingga kepala sekolah pun harus mengikuti AN.

“Kalau guru hanya melaksanakan survey karakter dan lingkungan. Untuk yang AKN dilakukan siswa kelas V SD dan kelas VIII SMP,” jelasnya.

Taufiq menjelaskan, AN adalah medium untuk menilai kompetensi Sekolah. Jadi tidak berhubungan sebagai penentu kelulusan bagi para siswa. (Indra Priyo/Pt)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 + four =

Back to top button