Berita UtamaPolitik

Selama Sepekan KPU Kebumen akan Lipat Sejuta Lebih Surat Suara

KEBUMEN, detakjateng – Komisi Pemilihan (KPU) Kebumen sejak hari ini hingga sepekan kedepan (19-16/11/2020) melaksanakan kegiatan pelipatan surat suara untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kebumen Tahun 2020. Kegiatan ini melibatkan para Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dari 26 Kecamatan di Kabupaten Kebumen yang bertugas melipat suara secara bergilir.

“Hari ini pelipatan surat suara untuk 7 kecamatan, Kecamatan Kebumen, Pejagoan, Sadang, Karangsambung, Alian, Poncowarno dan Kutowinangun. Kami targetkan tujuh kecamatan bisa rampung dalam dua hari” terang Komisioner KPU Kebumen Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM Agus Hasan Hidayat, Kamis (19/11/2020)

Dijelaskan Agus Hasan, proses pelipatan surat suara dipusatkan di aula kantor KPU Kebumen Jalan Arungbinang. Ia memastikan seluruh petugas telah “lolos” uji rapid dan dalam pelaksanaan pelipatan mengedepankan kepatuhan protokol kesehatan.

“Surat suara yang dilipat, secara total 1.065.279 lembar. Ini sesuai jumlah DPT ditambah cadangan 2,5 persen. DPT kita di Pilbup besok 1.038.802 pemilih,” lanjutnya.

Sebelumnya, seluruh surat suara yang akan melalui tahapan lipat telah melalui proses sortir oleh KPU. Proses ini untuk memastikan surat suara yang akan digunakan benar-benar surat suara yang baik tanpa cacat fisik maupun cacat kualitas cetaknya.

“Setelah terlipat nanti surat-surat suara ini kami hitung ulang dan tampung di gudang sampai tiba waktunya pendistribusian tanggal 27 November,” ungkap Agus Hasan lagi.

Setelah 7 kecamatan di gelombang pertama ini selesai melipat, gelombang selanjutnya akan dilakukan pelipatan untuk Kecamatan Prembun, Padureso, Bonorowo, Buluspesantren, Ambal, Mirit dan Sruweng, yang akan dilaksanakan mulai,Sabtu hingga Minggu (21-22/11/2020). Selanjutnya pelipatan surat suara untuk Kecamatan Karanganyar, Karanggayam, Adimulyo, Kirong, Petanahan dan Puring akan dilaksanakan mulai, Senin sampai Selasa (24-25/11/2020).

Kemudian Kecamatan Kuwarasan, Gombong, Sempor, Rowokele, Buayan dan Ayah dijadwalkan mulai, Rabu hingga Kamis (25-26/11/2020). Terkait dengan proses pelipatan yang melibatkan banyak orang, Agus Hasan memastikan telah mematuhi protokol kesehatan. Diantaranya pewajiban penggunaan hand-sanitizer, pengukuran suhu, dan selama proses para petugas akan diatur jaraknya. (Farhan-tie)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fifteen − 15 =

Back to top button