Berita UtamaPendidikan Dan Budaya

Jelang Pembelajaran Tatap Muka, Siswa Wajib Jalani Rapid Test

SALATIGA, detakjateng- Dinas Pendidikan Kota Salatiga sejalan dengan Wali Kota Yuliyanto yang menghendaki agar para siswa yang mengikuti Pembelajaran Tatap Muka (PTM) awal Januari 2021, wajib menjalankan rapid test.

“Ketentuan ini, sejalan dengan assessment dari Dinas Pendidikan Kota Salatiga guna mencegah munculnya klaster Covid-19 baru di Salatiga,” kata Wali Kota Salatiga Yuliyanto saat dikonfirmasi wartawan, Senin (7/12).

Kebijakan tersebut diberlakukan menyusul Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membolehkan sekolah melaksanakan pendidikan tatap muka (PTM) mulai Januari 2021. Selain itu, belajar dari sejumlah kasus munculnya klaster sekolah di beberapa daerah di Indonesia.

Lebih jauh Wali Kota mengungkapkan, kewajiban para siswa yang hendak mengikuti KBM PTM di Salatiga awal tahun 2021 harus seizin orang tua.

“Tentunya seizin restu orang tua ketika rapid test ini dilakukan. Ini satu paket dengan assesment dilakukan tim assesment satgas covid-19 kota Salatiga,” paparnya.

Wali Kota menandaskan, kewajiban rapid tes ini menyeluruh mulai jenjang TK, SD, SMP, dan SMA sederajat tersebut tentunya mengantisipasi penularan Covid-19.

Hal serupa disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kota Salatiga Yuni Ambarawati. Ia menjelaskan, melihat kondisi perkembangan kasus Covid-19 di Salatiga pelaksanaan rapid test bagi siswa ini pada prinsipnya disaat Covid-19 seperti sekarang ini tumbuh kembang anak menjadi yang utama.

“Tumbuh kembang anak, keselamatan dan kesehatan anak di saat pandemi Covid-19 menjadi hal yang utama,”

Namun pihaknya memastikan, tidak ada unsur pemaksaan bagi orang tua yang tak menginjakkan anaknya menjalani rapid test.
“Jika orang tua tidak berkenan, ya berarti pelajaran secara daring bukan PTM. Rencananya, tanggal 10 Desember ini merupakan assesment kota terakhir jelang PTM di Salatiga,” pungkas Yuni (Cattleya-tie).

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five + twelve =

Back to top button