Berita UtamaPolitik

Tugas Pengamanan Pilkada, 400 Anggota Polresta Solo Jalani Rapid Swab

SOLO, detakjateng – Sebanyak 400 anggota Polresta Solo yang akan bertugas mengamankan pemungutan suara Pemilihan Walikota (Pilwakot) Kota Solo 9 Desember mendatang menjalani rapid swab di Poliklinik Bhayangkara Polresta Solo, Kelurahan Purwosari, Kecamatan Laweyan, Kota Solo, Rabu (2/12) dan Kamis (3/12/2020).

Paurkes Polresta Solo, Eddy Wirasto mengatakan, rapid swab dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama sudah dilaksanakan Rabu (2/12/2020) dengan jumlah anggota yang menjalani tes sebanyak 160 orang, sedangkan tahap kedua dilaksanakan Kamis (3/12/2020).

“Hari ini sekitar 200-an anggota yang menjalani rapid swab atau rapid antigen. Yang jelas berdasarkan surat perintah yang kami terima ada 400 anggota yang dirapid swab,” ujarnya kepada wartawan di sela-sela rapid swab di Poliklinik Bhayangkara Polresta Solo, Rabu (3/12/2020).

Terkait pelaksanaan rapid swab sendiri, Eddy mengatakan anggota yang diperiksa diambil sampel swab hidung sama seperti test PCR hanya saja alat yang digunakan seperti rapid test sehingga hasil lebih cepat diketahui dibandingkan uji swab dengan PCR.

“Jadi ini yang kita lakukan adalah rapid antigen kalau masyarakat memahami itu rapid swab. Karena sampel yang diuji diambil dari hidung seperti swab karena menggunakan antigen, kalau rapid test biasa kan pakainya sampel darah karena yang dites antibodi dalam darah. Hasilnya seperti rapid diketahui lebih cepat tapi lebih akurat karena pakai antigen bukan antibodi,” katanya.

Adapun petugas yang dirapid swab, lanjutnya adalah petugas yang akan bertugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS) atau di ring A dan juga yang bertugas pengamanan di ring B dan C. Mereka memang diwajibkan dalam kondisi sehat dan bebas Covid-19 saat menjalankan tugas pada 9 Desember mendatang.

“Ini nanti direkap dulu hasilnya sama yang kemarin juga. Kalau ada yang reaktif akan kita tindaklanjuti sesuai dengan prosedur yakni pemeriksaan lebih lanjut,” imbuhnya.

Sebelumnya, Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak mengatakan, untuk pengamanan Pilwakot pihaknya menerjunkan ⅔ kekuatan yang dimiliki dan dibantu dari personel TNI. Baik yang ditugaskan di TPS maupun yang akan berkeliling untuk memastikan tidak ada warga yang berkerumun saat pemungutan suara nanti.

“Kita akan menjamin pelaksanaan pemungutan suara berjalan aman, damai dan sehat. Karena itu, kita melakukan rapid swab terhadap seluruh petugas pengamanan kita yang akan kita terjunkan nanti dalam pengamanan TPS di tanggal 9 Desember nanti 2020. Kita akan memberikan jaminan keamanan keselamatan dari unsur pengamanan bahwa kita siap berjibaku untuk mengamankan pelaksanaan tahap pemungutan suara tentunya dengan personil personil dari sisi kompetensi baik dan kemudian dari sisi kesehatannya juga terhindar dari Covid-19,” katanya. (Putri/TR).

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four + twelve =

Back to top button