Berita UtamaPeristiwa

Truk Bermuatan Semen Terguling, Arus Lalu Lintas Macet

TEMANGGUNG, detakjateng- Sebuah truk  bernomor polisi G 1565 QF dengan muatan 160 sak semen, terguling di tanjakan Jalan Dusun Kentangan Desa Lempuyang Kecamatan Candiroto, Temanggung, Sabtu (17/10) sore. Ratusan sak semen tercecer di sepanjang tanjakan jalan tersebut, hingga menyebabkan kemacetan arus lalu lintas dari kedua arah.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari keterangan sejumlah warga, kecelakaan tunggal tersebut terjadi sekitar pukul 13.00 WIB. Namun demikian, karena kondisi truk terguling melintang dan muatan semen berceceran di jalan, ditambah adanya tumpahan solar dari truk menjadikan akses jalan tersebut tak bisa dilalui pengendara hingga sekitar pukul 16.00 WIB.

Kejadian itu, kemudian dilaporkan kepada petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Temanggung. “Kami mendapat laporan dari warga adanya truk bermuatan semen yang terguling dan semen serta solarnya tercecer di jalan,” ujar Kepala Bidang Linmas dan Damkar, Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Temanggung, Gito Walngadi, Sabtu (17/10) petang.

Pihaknya berupaya menerjunkan satu unit Mobil Watersupply untuk pembersihan jalan pasca insiden tersebut dengan tiga personil untuk menangani penyemprotan jalan. Informasi yang didapat, truk tersebut hendak mengirimkan semen ke wilayah Wonoboyo. Diduga truk tak kuat menahan beban akibat jalan yang terlalu menanjak.

Selain itu, banyaknya muatan juga dimungkinkan menjadi penyebab tak kuatnya truk melewati tanjakan tersebut, hingga menyebabkan kecelakaan di tanjakan Dusun Kentangan. “Saat tak kuat menanjak, sopir truk mengetahui adanya sepeda motor di belakangnya, dengan spontan sopir langsung banting stir agar tidak mengenai sepeda motor yang melintas di belakangnya,” tutur dia.

Beruntung, pengendara dan satu unit sepeda motor yang melintas di belakang truk tidak menjadi korban dalam insiden tersebut. “Kami berupaya membersihkan jalan, karena kondisi aspal terkena tumpahan BBM jenis solar dan semen yang tercecer. Kondisi itu menyebabkan kemacetan yang cukup lama. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut,” ungkapnya. (Muhammad Abdul Rohman/Pt)

Show More

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button