Berita UtamaKesehatan

Rumah Sakit Overload, Gedung Korpri untuk Isolasi Pasien Covid-19

PURBALINGGA, detakjateng – Sejumlah rumah sakit di Purbalingga overload (penuh) dengan pasien Covid-19. Pemkab Purbalingga mulai Kamis (19/11/2020) akan memfungsikan Gedung Korpri di Jalan Mayjen Sungkono sebagai ruang isolasi pasien Covid-19.  Keputusan tersebut diambil, Rabu (18/11/2020) setelah melihat perkembangan kasus Covid yang mengalami tren kenaikan.

“Kami melihat perkembangan hari ini, Rumah Sakit pemerintah RSUD Goeteng Tarunadibrata dan RS Panti Nugroho sudah melebihi kapasitas untuk pasien Covid. Begitu juga dengan rumah sakit swasta yang ketersediaan ruang isolasinya terbatas juga sudah penuh. Sementara rumah sakit darurat di Desa Gambarsari, Kemangkon juga sudah penuh. Oleh karenanya, kami memutuskan untuk memfungsikan gedung Korpri sebagai tempat isolasi,” kata Pjs Bupati Purbalingga Sarwa Pramana saat melakukan peninjauan ke gedung Korpri, Rabu (18/11).

Sarwa mengatakan, isolasi mandiri di rumah jika tidak dilakukan secara disiplin, justru akan menambah pasien Covid baru. Apalagi bagi pasien yang rumahnya sempit, tidak ada kamar khusus untuk pasien. Semua kamar digunakan bersama satu keluarga. “Dengan melihat realita di lapangan, maka satu-satunya jalan kami menyiapkan ruang isolasi baru. Ruang ini tentunya untuk pasien positif Covid yang tanpa gejala,” kata Sarwa sembari menambahkan, ruang isolasi juga akan diberi fasilitas televisi dan wifi.

Semengara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga Drg Hanung Wikantono, MPPM mengatakan, RSUD Goeteng Tarunadibrata memiliki 44 ruang isolasi, kemudian RS Panti Nugroho yang memiliki ruang isolasi 12 dimaksimalkan dengan diisi 15 orang. Rumah sakit swasta, hanya memiliki enam ruang isolasi. Sementara rumah sakit darurat Gambarsari Kemangkon, hanya bisa digunakan delapan kamar dari 13 kamar. Ada lima kamar yang rusak akibat rusak kena bencana angin rebut.

“Semua rumah sakit itu sudah penuh, dan kami butuh ruang isolasi mandiri. Makanya diputuskan untuk memanfaatkan gedung Korpri yang memiliki kapasitas sekitar 40 orang dengan jarak setiap tempat tidur 1,5 meter,” kata Hanung.

Hanung menambahkan, pasien Covid di Purbalingga saat ini tercatat ada 105 orang yang masih menjalani perawatan. Total seluruhnya ada 496 orang, sebanyak 379 orang sembuh, dan 12 meninggal dunia. “Hasil swab dari beberapa kluster seperti kluster pabrik dan KPPS Pilkada juga banyak yang positif, makanya Pemkab harus menyiapkan lokasi baru untuk isolasi,” tambah Hanung. (Pray/AN)

Show More

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button