Berita UtamaEkonomi

Serikat Pekerja Sambut Baik Usulan Besaran UMK Kebumen 2021

KEBUMEN, detakjateng – Adanya usulan peningkatan Upah Minimum Kabupaten (UMK) Kebumen tahun 2021 oleh Bupati disambut baik Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Kebumen. Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz mengusulkan UMK Kebumen tahun 2021 sebesar Rp 1.895.000 naik dari UMK tahun 2020 yang hanya Rp 1.835.000,-

Ketua KSPSI Kebumen Akif Fatwal Amin menyampaikan kebijakan Bupati terkait dengan usulan UMK Kebumen tahun 2021 mengacu pada PP Nomor 78 tahun 2015. KSPSI menilai hal itu sangat tepat dan benar. Kenaikan tersebut diharapkan akan memacu peningkatan kesejahteraan para buruh dan pekerja di Kebumen. Sehingga para pekerja lebih sejahtera dibanding tahun sebelumnya.

“Kalau mengacunya pada Surat Edaran Menteri Ketenagakerjaan, selain rancu jika dilihat dari sudut pandang hukum, juga akan mendapatkan respon keras dari para Pekerja/buruh,” tuturnya, Jumat (20/11/2020).

Akif mewakili para para pekerja/buruh di Kebumen menyampaikan terimakasih kasih kepada Bupati atas kebijakannya dalam mengusulkan UMK Kebumen tahun 2021. Penambahan UMK Kebumen yang sebesar Rp 60.000 tentunya akan sangat berarti para pekerja.

“Kami sangat berterima kasih. Semoga ke depan para pekerja lebih sejahtera lagi,” katanya.

Lebih lanjut disampaikan Akif, meski masih dalam masa pandemi di tahun 2020 ini harusnya tetap dilakukan survey Kebutuhan Hidup Layak (KHL) secara faktual. Hasil survey resmi yang merupakan standar kebutuhan seorang pekerja/buruh dalam 1 bulan ini perlu dilaksanakan demikian sebagai bahan pertimbangan utama menentukan usulan besaran UMK 2021.

“Kedati demikian kami memaklumi lantaran adanya pembatasan-pembatasan aktifitas selama pandemi Covid-19. Sehingga survey harus dilakukan secara berbeda dengan tahun sebelumnya,” tegasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Bupati Kebumen akhirnya menetapkan usulan besaran UMK Kebumen tahun 2021 meski silang pendapat antara Serikat Buruh dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) berakhir deadlock.

Bupati KH Yazid Mahfudz menyampaikan, peningkatan besaran UMK tersebut dimaksudkan agar para pekerja mendapatkan haknya. Dengan demikian diharapkan para pekerjan mendapatkan kehidupan yang lebih layak dari sebelumnya.

“Adanya peningkatan tersebut, pekerja di Kebumen mendapatkan hak atau upah yang layak,” ucap Bupati. (Farhan/TR).

Show More

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button