Berita UtamaPolitik

KPU Kebumen Temukan Ribuan Surat Suara Berpotensi Rusak

KEBUMEN, detakjateng – Memasuki hari ketiga proses sortir-lipat surat suara, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kebumen menemukan ribuan surat suara yang berpotensi rusak. Sekretaris KPU Kebumen Handoyo menyampaikan, hingga Sabtu (21/11/2020) sore, pihaknya menemukan sedikitnya 2.229 lembar surat suara berpotensi rusak.

“Potensi, bukan cacat. Seperti ada noda diluar kotak ataupun hasil potongan surat suara yang tidak sempurna,” kata Sekretaris KPU Kebumen, Handoyo.

Terhadap surat suara tersebut, selanjutnya oleh KPU akan ditampung dan dimasukan ke gudang surat suara kembali. Sementara untuk kecukupan pelipatan yang harus sesuai jumlah DPT masing-masing TPS akan dicukupi dari surat suara cadangan.

“Jika nanti sampai hari ke-5 atau ke-6, surat suara yang berpotensi rusak jumlahnya diatas 2,5% dari total surat suara yang ada, langkah KPU adalah mengajukan penggantian ke percetakan,” lanjutnya.

Untuk gelaran Pilkada Serentak tahun 2020 ini KPU Kebumen menerima total 1.065.279 lembar surat suara. Ini sesuai jumlah DPT yabg berjumlah 1.038.802 pemilih ditambah cadangan 2,5 persen.

“Hingga hari ke-3 proses sortir dan lipat, KPU telah menyelesaikan sebanyak 370.141 lembar surat suara,” tambahnya.

Proses sortir-lipat ini masih akan dilaksanakan KPU secara bergelombang hingga 26 November mendatang. Hari pertama dan kedua, pelipatan dilaksanakan oleh petugas dari Kecamatan Kebumen, Pejagoan, Sadang, Karangsambung, Alian, Poncowarno dan Kutowinangun. Hari ini dan besok oleh Kecamatan Prembun, Padureso, Bonorowo, Buluspesantren, Ambal, Mirit dan Sruweng.

Selanjutnya pelipatan surat suara untuk Kecamatan Karanganyar, Karanggayam, Adimulyo, Kirong, Petanahan dan Puring akan dilaksanakan mulai Senin (23/11/2020) dan Selasa (24/11/2020). Kemudian Kecamatan Kuwarasan, Gombong, Sempor, Rowokele, Buayan dan Ayah dijadwalkan mulai, Rabu (25/11/2020) hingga Kamis (26/11/2020). (Farhan/TR).

Show More

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button