Berita UtamaKesehatan

Ditolak Warga Saat Isolasi Mandiri di Rumah Kos, 17 Pekerja Pabrik Rambut Dievakuasi

PURBALINGGA, detakjateng – Sebanyak 17 orang pekerja pabrik rambut palsu PT Nina Venus di Kelurahan Kalikabong, Kecamatan Kalimanah, Purbalingga, dievakuasi ke tempat isolasi di Gedung Korpri Purbalingga, Sabtu (21/11/2020). Mereka sebelumnya melakukan isolasi di rumah kos, dan sempat ditolak oleh warga.

Diketahui, klaster Covid-19 pabrik rambut, belakangan melonjak, bahkan mencapai lebih dari 26 orang. Anggota polisi dari Polsek Kalimanah melakukan pengawalan pemindahan 17 orang yang dinyatakan positif Covid-19. Pengawalan dilakukan dari tempat isolasi mandiri menuju tempat yang disediakan pemerintah yakni di Gedung Korpri Jalan Mayjend Sungkono Kecamatan Kalimanah.

Kapolsek Kalimanah Iptu Setiadi mengatakan, mereka yang dievakuasi ke gedung seluruhnya karyawan dari salah satu perusahaan bulu mata yang ada di wilayah Kelurahan Kalikabong. “Kami terjunkan personil untuk menjamin kegiatan berjalan dengan aman. Dalam pengamanan kami juga dibantu personel TNI dari Koramil Kalimanah,” kata Iptu Setiadi.

Kapolsek menambahkan, 17 karyawan perusahaan dinyatakan positif Covid-19 setelah dilakukan tes swab beberapa hari yang lalu. Mereka kemudian menjalani isolasi mandiri di tempat kos wilayah Kelurahan Kalikabong.

“Namun karena tempat kos berada di pemukiman penduduk, warga sekitar merasa keberatan lingkungannya menjadi tempat isolasi mandiri pasien positif Covid-19 yang jumlahnya cukup banyak,” terangnya.

Setelah dilakukan koordinasi dengan gugus tugas tingkat kecamatan dan kabupaten akhirnya diputuskan mereka dipindahkan ke tempat isolasi di Gedung Korpri. Sehingga hari ini tim dari dinas kesehatan melakukan pemindahan para pasien tersebut.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga, Drg Hanung Wikantono, MPPM mengatakan, dalam dua hari terakhir terdapat penambahan kasus positif Covid-19 hingga 200 orang. Kasus terbanyak dari karyawan pabrik rambut dan penyelenggara pilkada.

“Hingga Sabtu (21/11/2020) ada 271 kasus positif Covid yang dirawat di rumah sakit, melakukan isolasi mandiri dan di tempat isolasi Gedung Korpri. Untuk kapasitas rumah sakit sudah overload, maka penampungan satu-satunya di Gedung Korpri,” kata Hanung. (Pray/TR)

Show More

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button