Berita UtamaKesehatan

Ini Manfaat Kopi untuk Menjaga Imunitas Tubuh

PURWOREJO, detakjateng – Akhir-akhir ini, kata imunitas tubuh terasa sangat familiar. Karena menghadapi penyakit yang berasal dari virus, imunitas tubuh sangat diperlukan.

Tahukah Anda, bahwa kopi selain bisa menghilangkan kantuk juga bisa meningkatkan daya tahan atau imunitas tubuh? Menurut koordinator Komunitas Pergerakan Masyarakat Pecinta (Krema) Kopi Purworejo, Martin Aryanto kopi memiliki kandungan anti oksidan yang tinggi.

“Secangkir kopi, mengandung anti oksidan tinggi yang berguna untuk menangkal radikal bebas, memecah gula dalam darah dan melancarkan peredaran darah. Kopi juga mampu menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh dari serangan virus covid-19,” kata Martin saat ditemui pada acara Ngopi Gratis di halaman Showroom UMKM Purworejo, Jumat malam kemarin (20/11).

Akan tetapi, lanjut Martin, patuh pada protokol kesehatan (prokes) dengan selalu menerapkan 3M sangat penting untuk menjaga agar tidak terjangkit virus yang menghebohkan dunia tahun 2020 ini. “Jadi pada setiap kegiatan Ngopi Gratis bareng Krema Kopi, syarat utama untuk bisa memperoleh kopi ya harus memakai masker. Kami akan menolak jika ada pengunjung tak bermasker masuk area kegiatan,” kata Martin.

Namun, minum kopi secara berlebihan juga tidak baik. Minum kopi yang baik menurut Martin, adalah kopi tanpa gula. “Sebelum beraktivitas pagi hari, dianjurkan minum secangkir kopi tanpa gula. Jika suka manis, saya anjurkan memakai gula aren. Jangan minum kopi dicampur gula kristal (pasir),” terang Martin.

Jika memiliki gangguan lambung disarankan untuk sarapan terlebih dahulu sebelum minum kopi. Minum kopi dengan benar untuk mendapat tubuh yang fit, menerapkan 3M (Memakai masker, Mencuci tangan dengan sabun, Menjaga jarak) serta rajin olahraga akan membuat kita sehat dan terhindar dari Vovid-19. (NURUL RETNO M/TR).

Show More

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button