Berita UtamaPemerintahan

Kemenhub Tetapkan Permen Keselamatan Pesepeda

TEGAL, detakjateng – Kementerian Perhubungan telah menetapkan Peraturan Menteri (Permen) Perhubungan Nomor 59 Tahun 2020 tentang Keselamatan Pesepeda di Jalan.

Permen Perhubungan tersebut sebagai salah satu bentuk perhatian dan dukungan Pemerintah terhadap keselamatan para pesepeda di jalan.

“Mengingat tingginya animo masyarakat dalam menggunakan sepeda sebagai alternatif moda transportasi dan sarana berolahraga dalam masa pandemi Covid-19. Kementerian Perhubungan telah menetapkan Peraturan Menteri Nomor 59 Tahun 2020 tentang Keselamatan Pesepeda di Jalan, sebagai salah satu bentuk perhatian dan dukungan pemerintah terhadap keselamatan para pesepeda,” ungkap Sekretaris Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan  (Hubdar Kemenhub) Martha Hadisarwono, saat acara Puncak Pekan Nasional Keselamatan Jalan (PNKJ) BPTD Wilayah XII Provinsi Bali dan Provinsi NTB Tahun 2020 di Kommand Room Dinas Kominfo Kota Tegal. Kamis (26/11) yang berlangsung secara virtual.

Hadir mendampingi Martha, Wakil Wali Kota Tegal Muhamad Jumadi. Disebutkan Martha, bahwa saat ini terdapat fakna menarik saat pandemi ini, antusiasme masyarakat terhadap penggunaan sepeda sangat meningkat. Bersepeda di tengah pandemi covid 19 kini menjadi tren gaya hidup masyarakat untuk tetap hidup sehat.

Sehingga dengan telah diterbitkannya Permen tentang Keselamatan Pesepeda tersebut, diharapkan dapat menjadi momentum bersama untuk membangun budaya tertib berlalu lintas agar dapat bersepeda dengan aman dan nyaman. “Keselamatan pesepeda tentunya dipengaruhi dari komponen sepeda yang harus memenuhi persyaratan, seperti memiliki spakbor, bel, rem, lampu, alat pemantul dan lain sebagainya,” ungkap Martha.

Melalui kegiatan Fun Bike Pekan Nasional Keselamatan Jalan (PNKJ) di Provinsi Bali dan NTB 2020 yang dilaksanakan pada 25 November 2020 oleh Kemenhub, diharapkan Martha dapat menyalurkan dampak positif bagi masyarakat Bali, baik kesehatan maupun keselamatan berlalulintas di jalan karena kita adalah pelopor keselamatan.

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemehhub disebut Martha juga secara rutin dan berkesinambungan akan melaksanakan sosialisasi kegiatan-kegiatan keselamatan jalan yang juga dilaksanakan oleh 25 Balai Pengelola Trasnportasi Darat (BPTD) yang berada di seluruh Indonesia, salah satunya di Provinsi Bali dan NTB.

Wakil Wali Kota Tegal Muhamad Jumadi dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa Pekan Nasional Keselamatan Jalan kuncinya bagaimana tertib lalu lintas baik sepeda atau sepeda motor atau apapun.

“Keselamatan nomor satu, nyawa nomor satu dibandingan yang lain, untuk itu kepada seluruh masyarakat Kota Tegal patuhi lalu lintas sekaligus patuhi protokol kesehatan,” pungkas Jumadi.(Eko S-tie)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

12 − eleven =

Back to top button