Lingkungan Dan Pertanian

Dinas ESDM Jateng Teliti Semburan Gas Dowan

REMBANG, detakjateng – Dinas Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM) Jateng, Selasa sore kemarin, melakukan penelitian  terkait dengan semburan gas di Desa Dowan, Kecamatan Gunem, Rembang. Namun, hingga Rabu pagi ini, hasil penelitian itu belum diketahui.

Kepala Seksi Kedaruratan pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rembang Pramujo.

Rabu pagi tadi mengungkapkan, hingga Selasa malam, semburan gas disertai suara desisan masih terjadi, hanya saja tidak sekuat pada Selasa siang.

“Tadi malam saat pipa diinjak pakai sepatu masih ngosos kencang, tapi semburan gas sudah menurun,” ungkap Pramudyo kepada detakjateng.co.id Rabu pagi (11/11).

Hal itu diketahui saat pihaknya mendampingi petugas dari Dinas Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Tengah melakukan penelitian terhadap semburan gas, di lokasi kejadian.

Pramujo mengatakan, hasil penelitian yang dilakukan oleh Dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah, akan dirilis pada Rabu (11/11/2020) hari ini.

“Tim ESDM Jateng yang hadir antara lain, dari Seksi Energi; Sinung Sugeng Arianto dan Sarpani. Kemudian Seksi Geologi Mineral Dan Batubara; Budi Setiyawan dan Hadi Susanto. Hasil asesmen tadi malan belum jadi, Insyaallah Rabu hari ini,” imbuhnya.

Terpisah Kades Dowan Suparji ketika dihubungi media ini Rabu pagi mengatakan, desisan dari sumur milik Suwandi masih sama seperti kemarin. Dia berharap munculnya gas dari dalam sumur di desanya tidak menimbulkan hal yang negatif.

Seperti diberitakan sebelumnya, terjadi semburan berupa gas berbau seperti belerang disertai suara desisan terjadi di Desa Dowan, Kecamatan Gunem, kemarin siang.

Hingga petang 16.30 WIB semburan gas disertai suara desisan masih berlangsung dan terdengar hingga radius 10-15 meter dari lokasi kejadian. 

Semburan gas yang menggegerkan berawal dari pengeboran sumur milik Suwandi warga Desa Dowan. Setelah terjadi semburan gas, pengeboran sumur dihentikan. (Daryono/Pt)

Show More

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button