Pendidikan Dan Budaya

Ini Jawaban Untidar Terhadap Aksi Clarisa yang Temui Gubernur Mengadu Soal KIP

MAGELANG, detakjateng, – Pihak universitas Tidar (Untidar) Magelang membenarkan, Clarissa merupakan mahasiswa yang baru diterima di program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Ia juga terdaftar sebagai salah satu penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP).

“Data ini kami terima dari pengelola KIP Kuliah Pusat yang dikirimkan kepada Untidar bersama dengan pengumuman kelulusan mahasiswa baru yang lolos jalur SBMPTN,” kata Kepala Biro Akademik kemahasiswaan, Perencanaan dan Kerjasama Untidar, Giri Atmoko dalam siaran pers yang diterima Kamis (15/10/2020).

Sebelumnya sempat viral unggahan Gubernur Jateng Ganjar di akun IGnya, pada Jumat (9/10/2020) lalu, yang menayangkan kedatangan Clarissa Dian Putri, naik sepeda motor menempuh perjalanan cukup jauh dari Banjarnegara. Clarissa yang ditemui Gubernur menyampaikan keluhan soal prosedur KIP kuliah yang belum ada kejelasan. Padahal ia sangat membutuhkan untuk biaya kuliah.

Giri mengatakan, ada beberapa tahapan yang harus dipenuhi perguruan tinggi dalam proses penetapan seorang calon penerima menjadi penerima KIP Kuliah. Rapat penetapan KIP Kuliah di UNTIDAR yang pertama dilaksanakan pada hari Selasa, (22/9/2020) dihadiri pimpinan universitas, fakultas dan pengelola KIP-K Universitas Tidar.

“Rapat pertama ini membahas penetapan mahasiswa calon penerima KIP-K jalur SBMPTN dengan menggunakan data sekunder yang ada di system KIP-K pusat,” paparnya.

Pada rapat pertama ini belum ada kesepakatan sehingga di lanjutkan rapat kembali pada hari Rabu, (7/10/2020) juga dihadiri pimpinan universitas, fakultas dan pengelola KIP-K Universitas Tidar. Data sekunder sebagai bahan rapat adalah boring social ekonomi KIP-K yang ada di system pusat dan boring social ekonomi di Universitas Tidar.

Dari rapat yang ke dua, dihasilkan draft Surat Keputusan (SK) penetapan yang telah selesai diolah oleh Tim Pengelola KIP-K Universitas Tidar pada Kamis, (8/10/2020) dan diteruskan ke unit Hukum, Tata Laksana dan Kepegawaian (HTK), untuk mendapatkan legalisasi secara hukum di tingkat universitas (legal drafting). Selanjutnya legal drafting diteruskan ke pihak Rektor untuk ditanda tangani untuk ditetapkan menjadi sebuah Surat Keputusan Rektor yang sah.

Hari Senin, (12/10/2020) proses keseluruhan telah selesai,  dan pada pukul 16.58 Wib Surat Keputusan Penetapan KIP Kuliah Mahasiswa Baru Jalur UTBK-SBMPTN UNTIDAR T.A. 2020/2021 Nomor 683/UN57/K/KM/2020 diunggah di laman https://untidar.ac.id.

Kepala Bagian Akademik dan Kemahasiswaan, BAKPK UNTIDAR, David Budhi Hartono,  menambahkan bahwa proses KIP Kuliah masih berlanjut ke proses pencairan dana di system KIP-K Pusat Pelayanan Pembiayaan Pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk pencairan biaya hidup mahasiswa dan UKT mahasiswa penerima KIP-K.

Hari Rabu, (14/10/2020), proses pengajuan pencairan sudah masuk di system KIP-K sekaligus merupakan tahap akhir dari rangkaian penetapan mahasiswa penerima KIP-K.Tahap-tahap penetapan mahasiswa penerima KIP-K dimulai dari pencalonan mahasiswa KIP-K di system KIP-K, verifikasi data, rapat penetapan, pembuatan SK penetapan, penetapan mahasiswa di system KIP-K dan proses pencairan di system KIP-K.

Total mahasiswa calon penerima KIP Kuliah di UNTIDAR berjumlah 714 mahasiswa. Dari jumlah tersebut hanya 587 mahasiswa yang ditetapkan sebagai penerima KIP Kuliah di UNTIDAR,  sesuai kuota yang diperoleh dari kementerian. Dari jumlah tersebut 130 mahasiswa ditetapkan dari jalur SNMPTN dan 457 mahasiswa dari jalur SBMPTN.

“Terkait video tersebut, kami menyayangkan karena Clarissa belum menghubungi pihak kampus terkait prosedur penetapan KIP-K telebih dahulu ,sebelum yang bersangkutan menemui Bapak Ganjar Pranowo,” katanya. 

Namun dengan  kejadian ini pula, imbuh David,  menjadi koreksi pihaknya dalam peningkatan pelayanan informasi di UNTIDAR. Di masa pandemi ini, pihak UNTIDAR tetap menjalankan pelayanan akademik dan kemahasiswaan dengan meningkatkan pelayanan via online. Mahasiswa dapat menghubungi telepon kampus di (0293) 364113, email humas pada humas@untidar.ac.id, helpdesk WA 081215411201 maupun email masing-masing fakultas pada jam kerja jika mengalami kendala dalam proses pekuliahan. (watie/Pt)

Show More

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button