Pendidikan Dan Budaya

Mahasiswa Asal Sudan Lulus Menjadi Doktor Peternakan Pertama Unsoed

PURWOKERTO, detakjatengProgram Doktor Ilmu Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman  (Fapet Unsoed) menyelenggarakan sidang tertutup dengan promovendus Hassan Ishag Hassan Haren, mahasiswa Program S3 Peternakan Fapet Unsoed.

Hassan merupakan dosen pada Universitas Faculty of Agriculture Omdurman Islamic University – Sudan. Ujian dibuka dan dipimpin oleh Ketua Sidang Dekan Fapet Unsoed Prof. Dr. Ismoyowati, S.Pt, MP.

Hasan Ishag Haren menyampaikan Disertasi yang berjudul “Genetic Variation In The Myostatin Gene And It’s Assoc With Growth And Carcas Traits In Batur Sheep”   dibimbing oleh Promotor Dr. Ir. Dattadewi Purwantini, MS dan Co-Promotor Prof.Dr.Ir. Mas Yedi Sumaryadi, MS.

Sebagai Dewan penguji eksternal, Dr.sc.agr. Asep Gunawan, MP. (dosen Institut Pertanian Bogor), dan  Ir. Mulyoto Pengestu, M.Rep.Sc. Ph.D  (dosen Monash University, Meilbourne Australia,  dan juga sebagai Dosen tetap Fapet Unsoed). Sebagai penelaah Dr.Ir. Agustinah Setyaningrum, dan  Dr.Ir. Agus Susanto, M.Sc, Agr sebagai penilai.

Koordinator Program S3, Ir. Satrijo Widi Purbojo, Ph.D, dalam rilisnya yang diterima Detak Jateng, Sabtu (17/10/2020) malam mengatakan, progress record promovendus Hassan Ishag Hassan Haren telah menyelesaikan serangkaian proses pembelajaran pada program Doktor Ilmu Peternakan sehingga yang bersangkutan telah memenuhi syarat untuk diajukan pada sidang tertutup untuk memperoleh gelar Doktor.

Selama mengikuti proses pembelajaran pada program doktor Ilmu Peternakan, ia telah menyelesaikan 15 SKS teori dimana 4 SKS mata kuliah wajib prodi, 2 SKS mata kuliah wajib peminatan dan 4 mata kuliah pilihan dengan Indeks Komulatif untuk teori 4.00.

“Setelah menempuh perkuliahan, promovendus menempuh ujian kualifikasi pada tanggal 26 Februari 2019, dan dinyatakan “Lulus”, sehingga yang bersangkutan maju ke proses disertasi”, paparnya.

Ia juga telah menyelesaikan special topic  yang merupakan penugasan dari promotor promovendus juga telah melakukan seminar proposal pada tanggal 20 Maret 2019, telah melakukan penelitian dan penyusunan disertasi sejak bersangkutan melakukan seminar proposal, sampai dengan ia mengajukan usulan untuk mengikuti seminar hasil penelitian.

Seminar hasil penelitian dilakukkan dua kali, yang pertama dilaksanakan pada 23 Desember 2019, dan yang kedua 3 Maret 2020. Setelah seminar hasil penelitian yang  bersangkutan telah menempuh ujian kelayakan disertasi pada tanggal 26 September 2020 dan dinyatakan “Layak”. Publikasi yang telah dilaksanakan, publikasi internasional dan 2 publikasi pada journal Animal Production dan ia mengikuti seminar internasional pada second animal science and technology conference. (Pray/AN)

Show More

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button