Politik

Jelang Pilkada, Masyarakat Diminta Jaga Keamanan dan Ketertiban

WONOSOBO, detakjateng- Menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020, Satuan Pembinaan Masyarakat (Satbinmas) Polres Wonosobo meminta masyarakat menjaga keamanan dan ketertiban umum. Kepala Satbinmas Polres Wonosobo, Iptu Suwandi menyebutkan, saat ini di Wonosobo sudah memasuki masa kampaye pemilihan Bupati dan Wakil Bupati.

“Untuk itu kami mohon keamanan dan ketertiban masyarakat agar dijaga dengan baik. Jika ada perbedaan pandangan atau pilihan, maka tidak boleh diperdebatkan, semua orang punya hak untuk menentukan pilihannya sendiri- sendiri. Yang terpenting adalah Pilkada aman dan lancar di masyarakat tidak ada gejolak,” ungkap Iptu Suwandi saat memberikan penyuluhan di Desa Kwadungan Kecamatan Kalikajar, Jumat (16/10).

Dijelaskan, menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat merupakan tanggung jawab bersama. Saat ini permasalahan kamtibmas sudah sangat kompleks sumbernya, salah satunya perkembangan informasi secara cepat melalui layanan internet. “Saat ini hampir semua orang mempunyai HP (handphone).  Dari HP tersebutlah kita mendapatkan informasi,” tutur dia.

Dengan banyaknya informasi yang masuk dan informasi tersebut, kita tidak tahu kebenarannya. Jika informasi itu benar, maka akan membawa kearah positif. Akan tetapi jika informasi itu salah, maka akan membahayakan.  Sebab, dampak yang ditimbulkan sulit untuk dibendung.

“Untuk itu kita semua dalam menerima informasi harus selektif dan jangan mudah mengirim ke yang lain jika tidak benar-benar data tersebut benar adanya,” terang dia. Pihaknya menekankan kepada para peserta penyuluhan agar kepedulian penggunaan HP khususnya dikalangan anak-anak agar didampingi.

Saat ini banyak kejadian kenakalan remaja, akibat salah dalam menggunakan HP. “Kita sebagai orang tua harus sering mengecek atau mengontrol apa yang dibuka oleh anak-anak kita. Sebab kita sudah memahami semua jika membuka internet kadang muncul gambar atau info yang tidak jelas,” pungkasnya. (Muhammad Abdul Rohman/pt)

Show More

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button