Politik

KAMI Solo Minta Penyelenggara Pemilu Tak Bikin Gaduh

SOLO, detakjateng – Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Solo meminta penyelenggara Pemilihan Walikota (Pilwakot) 2020 untuk tidak membuat suasana gaduh dengan melakukan tindakan yang tidak jujur dan transparan selama proses pesta demokrasi berlangsung. Sebab, mereka ingin agar suasana kota bengawan selama dan pasca Pilwakot tetap kondusif dan damai.

” Kami mengimbau penyelenggara pemilu, baik Komisi Pemilihan Umum (KPU) maupun  Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk benar-benar transparan, jujur, profesional, mandiri dan terbuka serta memberikan perlindungan atas hak-hak para pemilih tanpa intimidasi. Sebab jika tidak, maka akan menimbulkan kegaduhan yang tentunya tidak diinginkan KAMI maupun tentunya masyarakat Solo sendiri,” tandas Ketua Periodik KAMI Solo,  Usman Amirodin dalam Deklarasi Solo Damai Pilwakot Sukses yang diadakan di Rumah Makan Bakso Kadipolo, Kelurahan Timuran, Kecamatan Banjarsari, Solo, Kamis (19/11/2020).

Hal tersebut, lanjutnya, berpijak pada harapan Presidium KAMI Kota Solo terkait Pilwakot Solo. Dimana mereka berpendapat Pilwakot adalah sarana demokrasi konstitusional yang disiapkan oleh negara, dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Selain itu, bukan arena tinju, dimana adu kekuatan fisik, mencari menang, mengalahkan lawan. Namun merupakan panggung kontestan untuk mendapatkan simpati dan dukungan penonton, dengan cara berlomba kebaikan. 

“Untuk itu, presidium KAMI Kota Solo berharap, adanya kerjasama yang baik dari semua pihak terkait agar Solo tetap danau dan kita sukseskan Pilwakot Solo 9 Desember 2020,” ujarnya. 


Selain kepada penyelenggara, KAMI Kota Solo juga menyerukan kedua paslon maupun pendukungnya untuk tidak menggunakan cara-cara tidak terpuji untuk memenangkan pilihannya melalui politik uang maupun penjagaan pemilih saat menuju Tempat Pemungutan Suara dengan memakai tanda-tanda tertentu.

“Agar tidak terjadi intimidasi kepada pemilih di Solo, kalau sampai ada intimidasi kami siap membantu secara maksimal,” ucap Sekretaris KAMI Kota Solo, Shobbarin Syakur. (Putri/an)

Show More

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button