Politik

Tiba di KPU Solo Hari Ini, Surat Suara akan Disortir Pekan Depan

SOLO, detakjateng – Surat suara Pemilihan Walikota (Pilwakot) Solo 2020 akhirnya tiba di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, Sabtu petang (21/11/2020). Rencananya, penyortiran dan pelipatan surat suara tersebut baru akan mulai dilakukan Rabu (25/11/2020) pekan depan.

Ketua KPU Kota Solo, Nurul Sutarti mengatakan, surat suara dikirim dari percetakan di Kabupaten Kudus sekitar pukul 13.00 WIB dan sampai di Solo sekitar pukul 17.00 WIB. Adapun jumlah surat suara yang dikirimkan sebanyak 429.231 lembar yang dikemas dalam 215 boks dimana per boks berisi 2.000 surat suara.

“Jumlah surat suara yang dicetak sesuai dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) ditambah 2,5 persen dari DPT. DPT Kota Solo di Pilwakot ini sebanyak 418.283 suara sehingga jika ditambah 2,5 persennya menjadi 429.231 lembar surat suara,” paparnya saat ditemui di Kantor KPU Kota Solo, Sabtu (21/11/2020) petang.

Selain surat suara untuk pemungutan pada 9 Desember mendatang, surat suara untuk pemungutan suara ulang (PSU) juga dikirim bersamaan, yakni sebanyak 2.000 surat suara atau satu boks.

“Sesuai PKPU untuk PSU jumlah surat suaranya memang hanya 2.000 lembar untuk kota/kabupaten. Dan ini sudah dicetak dan dikirim bersamaan dengan surat suara yang untuk 9 Desember,” imbuhnya.

Disinggung kapan surat suara bergambar Gibran-Teguh dan Bagyo-Supardjo tersebut mulai dilipat, Nurul mengatakan sortir dan pelipatan akan dimulai 25 November mendatang. Hanya saja pihaknya belum bisa memastikan berapa orang yang akan dilibatkan untuk pelipatan kertas suara.

“Juga berapa lamanya proses pelipatannya akan selesai, sebab setelah ini kita masih akan menghitung kira-kira butuh berapa orang untuk melipat kertas suara. Sementara gambarannya kita pakai tenaga internal untuk sortir dan lipat, karena pengalaman Pilpres kemarin surat suaranya cukup ditangani tenaga internal apalagi di kondisi Pandemi Covid-19 seperti ini akan lebih enak kalau tidak melibatkan orang luar,” pungkasnya. (Putri/TR).

Show More

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button