Berita UtamaHukum, Kriminal Dan Militer

Razia di Rutan Solo, Petugas Temukan Ponsel Hingga Sajam

SOLO, detakjateng – Pihak Keamanan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas 1A Surakarta bersama petugas Polresta Solo menggelar razia di sel tahanan rutan setempat, Jumat (29/1/2021) malam. Hasilnya, petugas menemukan sejumlah benda-benda terlarang didapati tersimpan di dalam sel.

Kepala Rutan Klas 1A Surakarta, Urip Dharma Yoga mengatakan, razia tersebut sengaja digelar sebagai bentuk tindakan pencegahan gangguan keamanan. Sehingga menciptakan situasi Rutan yang bebas narkoba, ponsel dan barang-barang terlarang lainnya.

“Kami ingin Rutan Solo ini aman dan terkendali sehingga kami pun berkoordinasi dengan Sat Narkoba dan Sat Sabhara Polresta Solo untuk menggelar razia malam ini. Khususnya di blok C. Hasilnya, kami temukan beberapa alat komunikasi, senjata tajam dan barang-barang terlarang lainnya maupun obat-obatan yang tidak semestinya dikonsumsi warga binaan di luar jadwal rutin berobat,” ujarnya kepada wartawan usai razia di blok C Rutan Solo.

Selain melakukan penggeledahan seluruh sel di blok C, petugas juga melakukan tes urine terhadap 20 tahanan. Untuk mengetahui apakah mereka mengkonsumsi obat-obatan terlarang atau tidak. Blok C sendiri diketahui merupakan tempat tahanan narapidana kriminal umum dan narkoba.

“Alhamdulillah hasil tes urine malam ini semuanya negatif. Meski demikian kami tetap mengintensifkan penjagaan serta kegiatan serupa ke depannya, mengingat masih banyaknya temuan benda-benda terlarang. Ini mengindikasikan masih adanya pelanggaran di blok tersebut,” imbuhnya.

Sementara, itu Kasatreskrim Polresta Solo, Kompol Rikha Zulkarnaen mengatakan, pihaknya terus bersinergi dengan Rutan Kelas IA Kota Solo dalam pemberantasan narkotika. Khususnya dalam melakukan pendampingan untuk meningkatkan kualitas keamanan di rutan.

“Malam ini adalah suatu langkah yang baik untuk bersama-sama kita mewujudkan Rutan yang bebas dari narkoba. Sebab tanpa koordinasi yang baik seperti saat ini akan sulit untuk memberantas narkoba di dalam Rutan,” ungkapnya. (Putri/TR).

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five × 1 =

Back to top button