Pemerintahan

Anggota DPRD Jateng Bantu Korban Bencana di Banyumas dan Cilacap

BANYUMAS, detakjateng – Sejumlah bencana banjir dan longsor yang melanda wilayah Kabupaten Banyumas dan Cilacap membuat tergerak hati anggota DPRD Jateng Sidi, SS. M.Si untuk membantu meringankan beban warga yang menjadi korban. Bantuan ini diberikan sejak Minggu (14/02) hingga 21 Pebruari mendatang.

Bantuan berupa sembako dan kebutuhan lainya mulai diserahkan langsung oleh anggota DPRD dari Fraksi Golkar ini, Minggu (14/02), di Balai Desa Dermaji Kecamatan Lumbir, Banyumas. ” Insya Allah kita akan keliling ke Banyumas dan Cilacap untuk menyerahkan bantuan ini, semoga bermanfaat,” ujar Sidi, usai menyerahkan bantuan secara simbolis di aula Balai Desa Dermaji.

Anggota Komisi E ini mengatakan, banjir dan longsor melanda beberapa wilayah di Kabupaten Banyumas dan Cilacap, benar-benar dirasakan menjadi beban para korban. Selain rumah rusak, beberapa wilayah yang mengalami bencana seperti di Dermaji dan Cingebul Kecamatan Lumbir  mengakibatkan kerusakan rumah warga.

” Juga beberpa daerah di Cilacap mengalami hal serupa. Bahkan kami juga bantu warga yang rumahnya mengalami kebakaran. Kita bantu untuk meringankan beban mereka,” tambah Sidi.

Menurutnya, DPRD Jateng sedang mengupayakan untuk membangkitkan lagi peran masyarakat untuk selalu sigap menghadapi bencana. ” Dulu sebenarnya ada tradisi warga punya kentongan untuk memberi tanda-tanda adanya peringatan bencana, kebakaran dan pencurian. Cara ini cukup efektif agar sewaktu – waktu warga siap jika ada masalah di kampung,” jelas Sidi.

Selain itu, legislatif juga terus mendorong eksekutif untuk melakukan perbaikan fasilitas pengairan. Khususnya bendungan dan waduk yang kini sudah dalam kondisi rusak. Perbaikan ini untuk mengurangi banjir masuk ke pemukiman warga atau ke areal persawahan.

” Kita terus upayakan memperbaiki infrastruktur, semua demi melindungi masyarakat dalam menghadapi bencana alam. Kami sebagai anggota dewan siap untuk membantu warga yang membutuhkan,” pungkas Sidi (Ana Nurani/PT).

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twelve − eight =

Back to top button