Lingkungan Dan Pertanian

Antisipasi Banjir, Pemkot Pekalongan Keruk Sedimentasi di Saluran Sipucung

PEKALONGAN, detakjateng Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang  (DPUPR) kota Pekalogan melakukan   pengerukan sedimen dan sampah yang menyumbat di Saluran Sipucung, Kelurahan Panjang Wetan,Kecamatan Pekalongan Utara. Kedua hal itu, sedimentasi dan sampah jadi salah satu penyebab genangan atau limpasan air.

Hal itu dikatakan Koordinator Lapangan (Korlap) Irigasi pada bidang Sumber Daya Air (SDA) DPUPR Kota Pekalongan,Lukman.

“Melalui pengerukan sedimen lumpur dan sampah diharapkan aliran menjadi lancar serta kapasitas atau daya tampungnya semakin meningkat,” katanya, Jumat (5/2/2021).

Usai pengerukan, ia berharap agar wilayah permukiman maupun jalan tidak lagi tergenang apalagi kebanjiran. Selain itu pihaknya melakukan pengambilan karung-karung berisi pasir untuk penanggulangan dan perbaikan daun pintu utama yang rusak.

Lukman mengatakan hal iyu sebagai kelanjutan dari pekerjaan serupa pada akhir Desember 2020 lalu. Pihaknya menyebutkan, pengerjaan ini dianggarkan dengan biaya sekitar Rp 70 juta

“Pekerjaan tersebut merupakan lanjutan dari pekerjaan pada 25 Desember 2020 dimana yang belum sempat terambil dibagian hulunya,” jelasnya.

Sementara, untuk bagian hilir sisi timur sudah terambil untuk memaksimalkan upaya penanganan banjir di kawasan sekitar Saluran SiPucung. Saluran itu mengalir di wilayah Panjang Wetan,Panjang Baru dan Kandang Panjang.

” harapannya ketika terjadi genangan di 3 wilayah tersebut air bisa lancar disedot oleh Pompa Saluran Sipucung,” tandasnya. (Indra Priyo/Pt)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × four =

Back to top button