Berita UtamaPeristiwa

Atasi Banjir, Pemkab Purworejo Siapkan Normalisasi Sungai Sirinding

PURWOREJO, detakjateng-Bupati Purworejo RH Agus Bastian SE. MM meninjau banjir di Kecamatan Ngombol, bersama rombongan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Palang merah Indonesia (PMI).

Dalam kunjungabnya Bupati berkesempatan menyerahkan bantuan sembako, dan berdialog dengan warga yang terdampak banjir.

Bupati Purworejo meminta kepada warga agar tetep selalu waspada dan berhati-hati, karena curah hujan sangat tinggi. “Meskipun dilanda bencana dan sebagian harus mengungsi,  saya minta warga tetap mematuhi protokol kesehatan yakni 5M,” pesannya.

Dalam kesempatan tersebut bupati didampingi Camat Ngombol dan beberapa rombongan langsung meninjau beberapa desa terendam banjir, yaitu Desa Wingkosanggrahan, Desa Kaliwungu Kidul dan Desa Laban. Kondisi terparah di Desa Wingkosanggrahan  RT 1, 2 dan 3, dimana sekitar 200 Kepala keluarga rumah terendam air dan terisolasi.

Sementara itu Camat Ngombol Nurfiana, S.STP mengucapkan banyak terimakasih kepada

Forkopimcam, TNI, Polri dan BPBD yang dengan cepat membantu menyiapkan dapur umum di balai Desa Wingkosanggrahan.

“Saat ini ada beberapa lansia yang kita evakuasi dan warga yang belum bersedia dievakuasi karena menjaga dan mengamankan harta benda dirumah, nanti warga yang tetap tinggal dirumah akan kita kirim nasi bungkus,” ucapnya.

Mengenai banjir musiman ini, menurut Nurfiana terjadi akibat pendangkalan Sungai Sirinding, sehingga mengakibatkan air meluap ketika curah hujan tinggi.

“Untuk itu di tahun 2021 ini, kita sudah  mempersiapkan dana untuk penanggulangan bencana normalisasi Sungai Sirinding. Kita nanti perlu izin dan koordinasi dulu dengan Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSSO), karena itu menjadi kewenangan paling besar,” ungkap Nurfiana, Kamis (11/2/2021).

‘’Semoga izin dari BBWSSO segera turun dan  normalisasi sungai segera terlaksana, sehingga diharapkan di musim hujan sudah tidak ada banjir lagi, pungkasnya.(Mono-tie)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6 + seven =

Back to top button