Pendidikan Dan Budaya

Belajar Demokrasi, Ini yang Dilakukan SMPN 5 Purworejo

PURWOREJO, detakjateng-Pendidikan demokrasi di sekolah penting dilakukan. Salah satunya adalah dengan cara pemilihan Ketua OSIS. Seperti yang dilaksanakan di SMPN 5 Purworejo yang berada di Kutparjo.

“Pemilihan Ketua OSIS dibuat dua hari karena anak-anak masuknya bergiliran akibat pandemi. Pasangan calon ketua OSIS ada tiga, panitia pemungutan suara adalah para pengurus OSIS lama karena mereka sudah berpengalaman sebelumnya,” kata Kepala Sekolah SMPN 5, Siti Anifah melalui Pembina OSIS, Supriyono di kantornya, Selasa (3/1/2021).

Jumlah siswa yang memiliki hak suara ada 570 anak ditambah guru, staf TU dan karyawan sekolah. “Dengan pemilihan ini, kami berharap agar anak-anak belajar berdemokrasi untuk memilih pemimpin dengan cara demokratis. Pemilu OSIS benar-benar meniru proses demokrasi. Maksud dan tujuan kami, kelak saat mereka terjun ke masyarakat sudah paham bagaimana cara berdemokrasi,” lanjut Supriyono.

Guru pun ikut berpartisipasi memberikan suara. (Foto: dok)

Tampil sebagai Ketua dan Wakil Ketua OSIS periode 2021-2022 adalah Ponco Nur Setyawan serta wakilnya Cantika Permata Nusa dari kelas 8D dengan memperoleh 262 suara. Saingan terdekat mereka adalah Marcelo C Handoko berpasangan dengan Maratus  Sholihah memperoleh 178 suara. Terakhir pasangan Aulia Nafianti dan Mikael Farel Axeliano memperoleh 111 dukungan. 

“Sejak awal kami yakin akan menang, karema dapat banyak dukungan. Visi kami adalah, Menjadikan SMPN 5 menjadi siswa siswi berprestasi, cinta lingkungan dan memiliki rasa kekeluargaan berlandaskan iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,” terang Ponco didampingi Aulia usai penghitungan suara. (NING/Pt)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

20 − 15 =

Back to top button