Berita UtamaPeristiwa

Hujan Terjang Sukoharjo, Sejumlah Dukuh di Tiga Kecamatan Banjir

SUKOHARJO, detakjateng- Hujan deras yang melanda Sukoharjo kemarin sore hingga malam membuat sejumlah wilayah di Sukoharjo dilanda banjir, Kamis (4/2/2021) dini hari. Banjir ini terjadi karena Sungai Bengawan Solo dan anak sungainya meluap. 

Sri Maryanto Kepala BPBD Sukoharjo mengatakan, sejumlah wilayah yang dilanda banjir antara lain Dukuh Kesongo, Desa Tegalmade, Kecamatan Mojolaban, sejumlah wilayah di Kecamatan Polokarto, serta di Dukuh Tengklik dan Menggungan, Desa Telukan, Grogol. Wilayah yang dilanda banjir ini diketahui berada di kawasan bantaran sungai tersebut.

“Ketinggian air bervariasi, ada yang 50 sentimeter, ada yang satu meter dan lainnya. Semalam sempat juga warga yang mengungsi,” katanya Kamis (4/2).

Menurut Sri Maryanto, karena air di Sungai Bengawan Solo penuh, aliran air dari anak sungai tidak bisa masuk sehingga meluap. Warga diminta tetap waspada karena kemungkinan hujan masih turun hari ini.

Untuk banjir di Dukuh Kesongo, setidaknya ada 100 kepala keluarga (KK) yang terdampak banjir. Air luapan dari sungai Bengawan Solo sendiri mulai masuk ke pemukiman sejak Kamis dini hari. Sedangkan untuk banjir di wilayah Kecamatan Grogol terjadi karena luapan Kali Samin yang merupakan anakan Sungai Bengawan Solo.

Saat banjir tersebut, Sri Maryanto mengaku evakuasi dilakukan bersama Tim SAR dan relawan terkait. Diharapkan warga yang tinggal di daerah bantaran sungai untuk tetap waspada karena diperkirakan hujan masih akan turun hari ini sehingga banjir dimungkinkan masih terjadi. (FarraYumna-tie)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nineteen + 10 =

Back to top button