Berita UtamaEkonomi

Imbas ‘Jateng di Rumah Saja’, Harga Cabe Rawit di Salatiga Naik Drastis

SALATIGA, detakjateng – Diduga imbas dari imbauan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo ‘Jateng di di Rumah Saja’, harga cabe meroket tajam. Harga cabe setan itu bahkan tembus Rp 100 ribu per kilogram.

Salah satu pedagang di Pasa Raya Salatiga, Darmi, mengaku jika cabe rawit ‘setan’ saat ini jarganya mencapai Rp 100 ribu per kilogram. “Dua hari sejak disuruh di rumah saja cabe rawit setan sekarang Rp 100 ribu per kilogram,” kata Darmi.

Kenaikan harga cabe rawit setan ini, disebutkannya karena stok masuk Salatiga minim. Ditambah lagi, kondisi alam dengan curah hujan yang tinggi menyebabkan panen gagal. Selain itu, adanya pembatasan skala besar menyebabkan banyak pedagang tidak beraktivitas dan lebih memilih istirahat di rumah.

Hal senada juga disampaikan petani Ngablak, Kabupaten Magelang, Nur Syaefudin. Untuk saat ini, harga sejumlah jenis cabe berpihak kepada petani. “Pemicunya tak lain karena pengaruh isu penutupan pasar membuat stok tak banyak,” ucap Nur.

Saat ini, ungkap dia, cabe kriting dari yang semula Rp 27 ribu per kilogram saat ini mencapai Rp Rp 50 ribu hingga Rp 80 ribu per kilogram. Kondisi ini bisa jadi akan kembali berubah, sejalan keadaan.

“Kalau besok sudah gak ada PSBB gak tau juga hargane. Kalau cabe juga pengaruh cuaca banyak yang kena jamur jadi pasokan ke pasar sedikit,” imbuhnya. (Cattleya/TR).

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 × 5 =

Back to top button