Kesehatan

Jadi yang Pertama Vaksinasi Lansia, Rudy : Penutup Manis Akhir Masa Jabatan

SOLO, detakjateng- Vaksinasi Covid-19 untuk lanjut usia (lansia) di Kota Solo resmi dimulai. Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo pun menjadi yang pertama diimunisasi, Kamis (11/2/2021). 

Pria yang akrab disapa Rudy itu tiba di di Rumah Sakit Umum Daerah Bung Karno (RSBK), Kelurahan Mojo, Kecamatan Pasarkliwon sekitar pukul 11.00 WIB. Setelah mengikuti seremonial singkat, ia pun menuju meja pemeriksaan. 

Saat ditensi menggunakan alat pengukur tekanan darah otomatis, hasilnya menunjukkan angka 160. Rudy pun meminta agar diukur menggunakan alat tensi manual dan hasilnya 130. Sehingga ia pun melanjutkan tahapan ke meja screening, baru masuk bilik vaksinasi. 

Ditemui usai divaksin Rudy mengaku senang akhirnya ia bisa mendapat vaksinasi Covid-19. Pasalnya, dalam saat pencanangan vaksinasi Covid-19 di Kota Solo pada 14 Januari lalu, ia tidak bisa ikut divaksin karena sudah berusia lebih dari 59 tahun.

“Ya seneng no, akhirnya bisa divaksin dan pas jelang usai masa jabatan to. Makanya saya ucapkan terima kasih sama dr Ning (Siti Wahyuningsih) Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo yang memberi saya kesempatan divaksin. Ini jadi penutupan masa akhir jabatan yang manis dan indah buat saya,” ucapnya kepada wartawan.

Disinggung mengenai persiapan yang dilakukan, Ketua DPC PDIP Kota Solo itu mengaku tidak ada persiapan apa-apa. Tidur pun ia seperti biasa pukul 24.00 WIB dan bangun pukul 03.30 WIB. “Dapat kabar mau divaksin ya baru Rabu malam, ditelepon Bu Ning. Seharusnya saya sama pak Wakil Walikota (Achmad Purnomo), tapi beliaunya ndak kerso (tidak mau). Ya sudah jadinya saya sendiri,” ujarnya.

Rudy pun berharap, langkah yang dilakukannya bisa ditiru warga lansia di Kota Solo lainnya. Agar tidak takut divaksin Covid-19. Sebab vaksinasi merupakan salah satu upaya untuk menaikkan kekebalan tubuh. 

“Sehingga kami sangat berharap masyarakat yang usianya diatas 60 tahun yang punya kesempatan untuk vaksinasi segera divaksin. Saya sudah mengawali dan disuntik juga tidak sakit,” katanya. (Putri/Pt)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eleven + 4 =

Back to top button