Berita UtamaKesehatan

‘Jateng di Rumah Saja’, Jalan Purbalingga-Banjarnegara Lengang

PURBALINGGA, detakjateng – Berbeda dari hari-hari biasanya, suasana di Desa Bukateja, Kecamatan Bukateja nampak lengang. Hanya ada beberapa kendaraan yang berlalu-lalang keluar masuk perbatasan Purbalingga – Banjarnegara melalui wilayah Bukateja.

Kapolsek Bukateja, Iptu Wartono mengatakan situasi kendaraan yang melintas hanya sekitar 10 persen dari hari-hari biasanya. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga bersama dengan jajaran TNI dan Polri telah melakukan penyekatan di pertigaan Bukateja arah Purbalingga.

“Kami sekaligus Gugus Tugas Covid-19 di Kecamatan Bukateja mengadakan operasi secara serentak di pintu masuk Bukateja dan berjalan secara lancar,” kata Iptu Wartono pada detakjateng di Terminal Bukateja, Sabtu (6/2/2021).

Ia menuturkan dalam rangka mendukung gerakan ‘Jateng di Rumah Saja’ petugas gabungan Polri, TNI, Dinas Perhubungan (Dinhub), dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Purbalingga menyasar para penumpang yang datang dari arah luar kota. Petugas gabungan mengalihkan kendaraan yang akan melintas ke arah Purbalingga untuk melakukan pengecekan suhu tubuh dan rapid antigen.

“Semua kendaraan yang melalui pintu masuk Bukateja sementara dialihkan ke Terminal Bukateja dulu, bagi yang membawa penumpang wajib turun terlebih dahulu untuk dicek suhunya,” imbuhnya.

Bagi penumpang atau pengemudi yang didapati suhunya di atas 37 derajat maka akan diarahkan untuk mengikuti rapid antigen. Sedangkan bagi mereka yang suhunya di bawah 37 derajat dan akan beranjak ke kota lain maka diperkenankan untuk melanjutkan perjalanan.

“Ada beberapa yang memang sudah membawa surat jalan atau surat keterangan non reaktif rapid antigen. Sedangkan mereka yang akan menuju wilayah Purbalingga dan meliwati kota agar bisa melakukan rapid antigen di sini (Terminal Bukateja),” terang Iptu Wartono.

Ia menerangkan kurang lebih ada 25 orang yang dilakukan rapid antigen yang tujuannya ke arah Purbalingga. Rapid antigen juga diberikan pada petugas Bus Rapid Transit (BRT) Trans Jateng Rute Bukateja – Purwokerto, tukang becak, dan mereka yang membutuhkan surat jalan.

“Rapid antigen tidak dipungut biaya bahkan tadi ada dari petugas BRT, tukang becak dan takmir Masjid Nurul Falah dan hasilnya semua non reaktif,” jelasnya.

Menurutnya, gerakan ‘Jateng di Rumah Saja’ bejalan dengan aman dan kondusif. Situasi kendaraan yang melintas Bukateja ke arah Purbalingga hanya sekitar 10 persen dibandingkan dengan hari-hari biasanya.

“Masyarakat cukup patuh dan mereka yang melintasi jalan Bukateja arah Purbalingga karena memang ada keperluan mendesak dan urusan pekerjaan,” pungkasnya. (Lilian Kiki Triwulan/TR).

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eight + 20 =

Back to top button