Berita UtamaPolitik

KPU Purworejo Raih Penghargaan Penyelesaian Sengketa Terbaik

PURWOREJO, detakjateng – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purworejo meraih Penghargaan Manajemen Penyelesaian Sengketa Terbaik pada Pilkada 2020 Award se-Jawa Tengah yang digelar KPU Provinsi Jawa Tengah.

Penghargaan diberikan pada acara Evaluasi Pemilihan Serentak Tahun 2020 di Hotel Griya Persada Bandungan, Semarang, 10 Februari 2021. Piagam Penghargaan diserahkan langsung oleh Ketua KPU Provinsi Jateng Yulianto Sudrajat kepada Anggota KPU Purworejo Divisi Hukum dan Pengawasan Purnomosidi.

Ketua KPU Purworejo, Dulrokhim mengatakan, kegiatan evaluasi itu menjadi introspeksi bagi jajaran KPU baik di tingkat provinsi maupun kabupaten. Harapannya, pelaksanaan pemilihan ke depan menjadi lebih baik lagi.

“Pemilihan Serentak Tahun 2020 yang telah dilaksanakan menjadi pelajaran yang sangat berharga, mendapat hikmah, dan menjadi pengalaman kita bersama. Dan sukses Pemilihan Serentak di 21 kabupaten adalah sukses kita bersama,” kata Dulrokhim, Minggu (14/2/2021).

Pemilihan Serentak Tahun 2020 sudah terlaksana dengan baik dan lancar. Penyelenggaraan Tahapan Pemilihan kali ini berbeda dengan sebelumnnya, karena dilaksanakan di tengah Pandemi Virus Corona.

“Di tengah Pandemi Covid-19, penyelenggara badan Adhoc tetap bekerja dengan maksimal. KPU selalu berkoordinasi dengan Gugus Tugas Covid, Bawaslu, Kebangpol, Disdukcapil, TINI dan Polri guna kelancaran Pemilihan. Keselamatan penyelenggara menjadi perhatian utama.

Di Pemilihan Serentak Tahun 2020 ini tidak muncul cluster baru Covid-19. Tanpa diduga partisipasi masyarakat meningkat signifikan dan kepatuhan terhadap protokol kesehatan cukup tinggi,” tambahnya.

Sementara itu, Anggota Komisioner KPU Purworejo Divisi Hukum dan Pengawasan, Purnomosidi menambahkan, prestasi yang telah diraih itu berkat kerjasama dan kerja keras semua pihak, baik penyelenggara di tingkat KPPS, PPS, PPK, dan Tim Penyelesaian Sengketa KPU Purworejo.

Pada Pemilihan Serentak ini, telah dituntaskan dua kali masalah sengketa di Bawaslu atas gugatan yang disampaikan oleh Bapaslon Perseorangan Slamet Riyanto-Suyanto HS. Yang terakhir, gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan di Mahkamah Konstitusi yang diajukan oleh Paslon Nomor 2 Paslon Kuswanto-Kusnomo.

“Untuk Perselisihan Hasil Pemilihan di Mahkamah Konstitusi saat ini sudah berproses. Diawali pembacaan Permohonan Pemohon, kedua pembacaan Jawaban Termohon, dan kini kami menunggu Pembacaan Putusan atau Ketetapan. Mohon doanya agar diberi kelancaran,” ucapnya. (Toro/TR).

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 × five =

Back to top button