Berita UtamaPendidikan Dan Budaya

Pemuda Bisa Bawa Jatidiri Indonesia ke Luar Negeri

BATANG, detakjateng – Pemuda memiliki peran utama dalam menentukan masa depan bangsa Indonesia. Hal itu diungkapkan anggota DPR RI fraksi PDI Perjuangan, Dede Indra Permana, SH di kantor DPC Kabupaten Batang.

Ia menyatakan para pemuda harus punya jatidiri kebangsaan agar bisa bersaing dengan negara lain. Pemahaman jatidiri bangsa sangat jelas tertuang di empat pilar yaitu UUD 1945,Bhinneka Tunggal Ika, Pancasila serta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Empat pilar itu tidak ada di negara lain. Amerika, China hingga Eropa tidak punya itu semua, cuma bangsa Indonesia yang punya,” katanya, Kamis (4/2/2021).

Ia mengatakan ketika pemuda sudah kenal bahkan paham dengan wawasan kebangsaan, maka identitas keindonesiaan akan melekat. Tidak peduli dimana pemuda itu sekolah atau bekerja hingg ke luar negeri.

Bahkan, ketika pemuda bekerja di luar negeri, secara tidak langsung menjadi duta bangsa. Karena itu, para pemuda harus mawas diri.

Beberapa waktu lalu, saat sosialisasi empat pilar berlangsung di kantor DPC PDIP Batang, tokoh pemuda Ananta Wijaya menyampaikan bahwa empat pilar atau wawasan kebangsaan tidak ketinggalan zaman. Ruh atau ideologi bangsa selalu berkembang.

“Jadi tidak ada yang namanya basi, justru dengan semakin berkembangnya peradaban, empat pilar juga turut berkembang,” katanya di hadapan 150 peserta.

Ia mencontohkan, pada era medsos saat ini justru fondasi berbangsa dan bernegara harus kuat. Sehingga para pemuda punya tameng menghalangi  ideologi asing yang tersenar di dunia maya.

Ananta menyampaikan itu pada 18 November 2020 lalu. Ia mengingatkan bahwa wawasan kebangsaan pun harus dibawa ketika bermedsos.

“Jangan asal nyinyir tanpa faedah ketika berkegiatan di media sosial. Jangan saling terpecah belah gara-gara komen netizen, ingat kita ada Bhinneka Tunggal Ika,” katanya. (Indra Priyo-tie)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9 − six =

Back to top button