Berita UtamaKesehatan

Penderita Kusta di Brebes Ini Butuh Uluran Tangan Dermawan

BREBES, detakjateng – Jamaludin (29) warga RT 6 RW 2, Kelurahan Limbangan Kulon, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes membutuhkan uluran tangan para dermawan. Bagaimana tidak, tiga tahun lamanya dia mengidap penyakit kusta hingga sampai saat ini.

Pihak keluarga sudah kehabisan dana untuk membiayai pengobatannya. Penyakit kusta yang menyerang Jamaludin, menyebabakan kakinya seperti melepuh.

“Sudah enam bulan, saya menjalani perawatan di dokter spesialis kulit. Awalnya sudah membaik,namun karena ibu kehabisan biaya berobat akhirmya sampai saat ini tidak lagi ke dokter kulit,” kata Jamaludin di rumahnya, Rabu (3/2/2021).

Jamaludin yang didampingi ibunya, Saesah (55) menambahkan, begitu perawatan di dokter spesialis kulit berakhir, dirinya juga sempat menjalani pengobatan ke dokter umum. “Karena rutin berobat di dokter umum, uang ibu juga habis. Kasihan ibu, kerjanya serabutan dan sudah lama menjanda,” terang Jamaludin.

Jamaludin mengemukakan, dirinya sangat berharap bisa segera sembuh dari penyakit yang dideritanya. Apalagi, dengan penyakit tersebut, Jamaludin mengaku tidak bisa beraktivitas untuk mencari uang membantu ibunya.

Terpisah, Kepala Kelurahan Limbangan Kulon Arba Setianto SE saat dihubungi membenarkan adanya salah satu warganya yang mengidap penyakit kusta.

“Saya bersama pamong desa sudah mendatangi rumah Bu Saesah yang anaknya bernama Jamaludin menderita penyakit kusta. Saya juga sudah koordinator dengan Direktur RSUD Brebes, dr Rasipin untuk membantu pengobatan Jamaludin,” papar Arba.

Arba mengatakan, Direktur RSUD Brebes sudah menyarankan agar Jamaludin langsung ke laboratorium dan menjalani perawatan di IGD rumah sakit setempat, namun yang bersangkutan tidak mau di bawa ke rumah sakit dan memilih untuk berobat di rumah.

“Jamaludin melalui keluarganya enggan membawanya ke rumah sakit, dengan alasan masih Covid-19. Padahal, pengobatannya gratis karena dicover oleh BPJS yang sudah dibuatkan. Solusinya hanya berobat jalan di polikilinik RSUD Brebes. Uluran tangan para dermawan sangat dibutuhkan untuk membantu Jamaludin dan ibunya untuk pengobatan dan kebutuhan hidup sehari-hari ,” pungkasnya. (Eko S/TR).

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

10 + eighteen =

Back to top button