Berita UtamaKesehatan

Penerapan Jateng di Rumah Saja, Pasar Induk Tumenggungan Kebumen Disidak Wakil Bupati

KEBUMEN, detakjateng – Guna memastikan pelaksanaan pembatasan kegiatan pengetatan “Gerakan Jateng di Rumah Saja” berjalan lancar, Wakil Bupati kebumen Arif Sugiyanto melakukan pengecekan secara langsung ke lapangan. Salah satunya di pasar induk Tumenggungan Kebumen, Sabtu (6/2/2021).


Dijelaskan Wakil Bupati, inspeksi ke pasar terbesar di Kebumen ini dalam rangka menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Gubernur Jawa Tengah tentang Gerakan Jateng Di Rumah Saja untuk Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019.

Dimana kebijakan ini meminta masyarakat tidak melakukan aktivitas di luar lingkungan rumah yang dilaksanakan secara serentak pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 6 dan 7 Februari 2021.


Dukungan Pemkab Kebumen terhadap program tersebut ditunjukkan antara lain dengan melarang seluruh pasar modern beroperasi. Pasar tradisional tetap diperkenankan beroperasi dengan catatan harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Hal ini, kata Wakil Bupati, dilakukan agar ekonomi di tingkat masyarakat tetap berjalan normal.

“Dengan masyarakat tidak bepergian, hasilnya sangat efektif, meski beberapa pihak merasa keberatan, ini penting agar kasus Covid-19 di Kebumen bisa ditekan.Terlebih saat ini angka kematian karena Covid juga masih tinggi yakni mencapai 3,7 persen,” ujar Arif Sugiyanto.

Saat menemui para pedagang, Arif juga menjelaskan wabah covid ini tidak akan hilang dalam sekejap mata. Masyarakat diminta untuk kompak bersatu melawan corona, salah satunya dengan penerapan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

“Saya jelaskan bahwa wabah ini tidak akan hilang sampai kiamat, hanya ada satu cara supaya tidak tertular, yaitu penerapan protokol kesehatan. Atau, tidak usah bepergian,” ucapnya.

Turut dalam inspeksi ini Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama, Dandim 0709/Kebumen Letkol Kav MS Prawira Negara, serta perwakilan Satpol PP. Kegiatan juga dilaksanakan dengan pembagian masker gratis kepada masyarakat.

Pada kesempatan yang sama Kapolres Kebumen mengatakan kegiatan pengecekan dan sekaligus pembagian masker ini, bagi jajaran Polres, merupakan kegiatan yang ke lima kalinya. Kapolres mengakui, di beberapa titik tingkat kesadaran protokol kesehatan masyarakat masih rendah, namun untuk pasar induk Tumenggungan dinilainya sudah cukup baik. 

“Dari hasil pantauan di pasar induk tadi kami rasa sudah cukup baik, masyarakat tidak ada yang melepas masker. Untuk masker yang kita berikan berupa masker kain jadi bisa dicuci dan dipake kembali, biar masyarakat nantinya tiap hari tidak lepas dari masker,” ujar Kapolres.

Ditambahkan Dandim 0709/Kebumen, untuk pengamanan pengetatan kegiatan masyarakat, pihaknya siap membantu dan mendukung penuh kebijakan tersebut. Disamping itu, TNI juga turut membantu memberikan edukasi ke masyarakat akan pentingnya protokol kesehatan agar pandemi bisa segera berakhir.

“Secara keseluruhan kami siap diperbantukan mendukung kebijakan ini. Prajurit kami juga tak henti-henti memberikan edukasi ke masyarakat akan pentingnya Prokes,” ucap Letkol Kav MS Prawira Negara. (Farhan-tie)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × 3 =

Back to top button