Berita UtamaFeatured

Perumda Air Minum Tirta Baribis Brebes Buka 4.955 Sambungan Baru

BREBES, detakjateng – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Baribis Kabupaten Brebes akan membuka pendafataran baru sebanyak 4.955 sambungan pelanggan baru di tahun 2021. Jumlah target tersebut, tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Brebes, kecuali untuk wilayah Kecamatan Bulakamba.

“Memang benar, untuk tahun ini kami menargetkan akan membuka sambungan baru bagi pelanggan baru. Dari 17 kecamatan se-Kabupaten Brebes hanya Kecamatan Bulakamba yang belum ada pemasangan baru,” tandas Dirut Utama Perumda Air Minum Tirta Baribis Kabupaten BrebesAgus Isyono saat dihubungi, Senin (1/2/2021).

Agus yang didampingi Kabag Keuangan dan Administrasi Sri Unah Badriyah SE menambahkan, saat ini jumlah pelanggan di Perumda Air Minum Tirta Baribis Kabupaten Brebes sudah mencapai sebanyak 40.267 pelanggan.

Bagi pelanggan baru, lanjutnya, tahun ini ada diskon atau promo untuk sambungan baru bagi masyarakat Kabupaten Brebes. Sebagai misal, untuk calon pelanggan baru yang berada di luar Kecamatan Brebes, Wanasari dan Jatbarang, pemasangan baru sebesar Rp 1.650. 000. Sementara untuk Brebes Kota, pemasangan baru Rp 2.500.000,-.

Agus menambahkan, kapasitas air baku Perumda Air Minum Tirta Baribis sebesar 500 liter/detik. Kapasitas tersebut masih dirasakan kurang untuk memenuhi kebutuhan air minum ke pelanggan. Untuk itu, khusus Brebes Kota pendaftaran bagi pelanggan baru dihentikan sementara waktu.

“Penghentingan sementara waktu pendaftaran baru di wilayah Brebes Kota, karena sehubungan dengan kapasitasnya belum memenuhi untuk mencukupi kurang lebih 14 ribu pelanggan,” tegas Agus.

Agus mengemukakan, khusus di wilayah Kecamatan Bulakamba untuk tahun ini dilakukan pembangunan sumur dalam. Operasionalnya, rencana akan dilakukan di akhir tahun 2021 atau awal tahun 2022 untuk sambungan baru.

“Sementara ini, untuk tahun 2021 baru sebatas penambahan sumur dalam yang pembangunanan dilaksanakan di wilayah Kecamatan Bulakamba. Kapasitas sumur dalam, rata-rata hanya 10 liter/detik.Untuk 1 liter/detik, rasionya 80 pelanggan. Berarti kalau 10 liter/detik maka ada 800 pelanggan baru,” pungkas Agus. (Eko S/TR).

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 × 3 =

Back to top button