Berita UtamaKesehatan

PT KAI Uji Coba Pemeriksaan GeNose C19 di Stasiun Solo Balapan

SOLO, detakjateng – PT Kereta Api Indonesia (Persero) melakukan uji coba layanan pemeriksaan GeNose C19 di Stasiun Solo Balapan, Jumat (5/2/2021). Hal itu pun tak disia-siakan para calon penumpang kereta jarak jauh yang langsung memanfaatkan layanan baru tersebut.

Violita (23), salah satunya. Warga asal Jakarta ini mengaku langsung memutuskan untuk mencoba layanan GeNose C19, alih-alih menggunakan rapid antigen sebagai salah satu syarat bagi calon penumpang sebelum naik kereta jarak jauh.

“Awalnya tadi mau pakai yang rapid antigen, tapi jujur karena takut sakit, makanya pas tahu bisa milih salah satu, akhirnya milih GeNose. Karena tidak perlu dikorek-korek hidungnya,” ujarnya kepada wartawan saat ditemui di Stasiun Solo Balapan, Jumat (5/2/2021).

Ia mengaku lebih enak menggunakan metode GeNose, karena hanya perlu meniup kantong khusus yang disiapkan petugas. Selain itu, dari sisi harga juga lebih murah, yakni hanya Rp20 ribu. Padahal biasanya untuk rapid antigen biaya yang harus dibayar sebesar Rp105 ribu.

“Masa berlakunya juga sama dengan yang antigen, tiga hari. Ini tadi cuma nunggu 10 menit surat hasilnya keluar dan hasilnya negatif. Kalau saya ya milih ini, karena lebih enak. Sebelumnya saya sudah coba semua, ya rapid antibodi yang diambil darahnya sama yang antigen dan yang paling enak ya ini. Semoga seterusnya bisa pakai GeNose,” ucapnya.

Sementara itu, dalam pers rilis yang diterima Detak Jateng, Manager Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Supriyanto mengatakan, sementara ini layanan pemeriksaan GeNose C19 hanya tersedia di Stasiun Pasar Senen dan Yogyakarta. Sedangkan untuk Stasiun Gambir dan Solo Balapan masih dalam tahap uji coba.

“Secara bertahap kami akan menambah layanan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun-stasiun besar lainnya sebagai komitmen KAI dalam mendukung program pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid-19 di transportasi kereta api dan sebagai perwujudan dari dukungan Bangga buatan Indonesia,” katanya.

Sebagaimana diketahui, sesuai SE Satgas Covid-19 No 5 Tahun 2021 dan SE Kemenhub No 11 Tahun 2021, pelanggan KA Jarak Jauh diharuskan menunjukkan surat bebas Covid-19 dari hasil pemeriksaan GeNose C19 atau Rapid Test Antigen atau RT-PCR. Untuk dapat melakukan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun, calon penumpang harus memiliki tiket atau kode booking KA Jarak Jauh yang sudah lunas. (Putri/TR).

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nineteen − five =

Back to top button