Ekonomi

Selama ‘Jateng di Rumah Saja’, Pasar di Banjarnegara Tetap Buka, Pedagang Gembira

BANJARNEGARA, detakjateng – Wajah Bu Siti nampak cerah. Pedagang kecil di Pasar Karangkobar, Banjarnegara itu tak bisa menyembunyikan kegembiraannya ketika disapa Bupati Budhi Sarwono, yang hari ini, Sabtu (6/2/2021) meninjau situasi pasar tersebut. Seperti diberitakan sebelumnya, menyikapi gerakan “Jateng di Rumah Saja” yang diserukan Gubernur Jawa Tengah untuk tanggal 6 dan 7 Februari, Pemkab Banjarnegara memilih opsi tetap mengizinkan pasar, PKL, resto, dan cafe, dengan pertimbangan kearifan lokal.

“Alhamdulillah, hari ini saya bisa tetap jualan. Semula khawatir juga dengan himbauan di rumah saja. Lah, kami kan orang-orang pasar, bukan orang gajian. Jika tidak jualan ya nggak dapat rejeki, padahal kebutuhan jalan terus,” ungkap Bu Siti.

Dia mewakili pedagang, mengucapkan terima kasih Pemerintah atas kebijakan tersebut, dan berharap ada kelonggaran untuk kegiatan ekonomi dan masyarakat.

“Mohon bapak pemerintah, bantulah kami para pedagang dan buruh kecil, yang menanggung beban berat selama pandemi korona ini. Insyaallah kami para pedagang taat protokol kesehatan,” imbuhnya.

Menanggapi suara pedagang tersebut, Bupati Budhi Sarwono mengatakan mendukung kebijakan yang mengarah pada bangkitnya ekonomi rakyat di tengah pandemi Covid-19. Dirinya mengaku sangat memahami bahwa para pekerja di pasar, baik itu pedagang, buruh, abang becak, adalah para pekerja yang sangat bergantung pada aktivitas sehari-hari.

“Saya paham sekali, apabila pada hari ini tidak bekerja, tidak jualan, ya akan kebingungan memenuhi kebutuhan hidupnya, seperti makan dan lainnya. Untuk itulah kami ambil keputusan tetap membuka kegiatan ekonomi rakyat,” kata Bupati Sarwono.

Selanjutnya bupati mengimbau kepada seluruh pedagang dan pengunjung pasar agar menjaga kesehatan dan tetap bekerja untuk mencari penghidupan, karena dua hal tersebut sama pentingnya.

“Bekerja itu penting, tapi menjaga kesehatan dengan menerapkan 3M itu juga sama penting. Jadi, mari kita lebih bijak. Silahkan bekerja tapi tetap jaga kesehatan. Semoga pandemi ini segera berakhir,” pungkasnya.

Sambil menyapa pedagang, Bupati dan rombongan melakukan aksi pembagian masker dan himbauan langsung terhadap pedagang dan pengunjung pasar, tentang pentingnya protokol kesehatan. Turut dalam aksi tersebut para kepala OPD terkait yakni BPBD, Dinhub, Kominfo, Dinperindagkop UKM, Dinkes, Puskesmas, Forkopimca Karangkobar dan ormas kepemudaan di Banjarnegara. (Muji P/Pt)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nine + six =

Back to top button