Berita UtamaPemerintahan

Telan Tiga Korban Jiwa, DPRD DIY Minta Underpass di Kulon Progo Didesain Ulang

KULON PROGO, detakjateng – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mendesak agar proyek pembangunan underpass di Kalurahan Kulur, Kapanewon Temon, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta didesain ulang. Pasalnya, hingga saat ini underpass tersebut belum bisa difungsikan secara maksimal, bahkan hingga menelan korban jiwa.

Anggota Komisi C DPRD DIY, Novida Kartika Hadi mengatakan bila pihaknya telah meminta agar underpass Kulur kembali dibuatkan detailed engineering design (DED) ulang. Bahkan dirinya mengaku telah mengawal pembuatan ulang DED ini.

“Semestinya underpass Kulur sudah bisa dimanfaatkan dan dilalui masyarakat. Tapi sampai saat ini ketika musim hujan selalu dipenuhi air,” kata Novida, Senin (1/2/2021)

Sejak tahun lalu, kata Novida, dirinya mengaku sudah memperjuangkan agar dilakukan kajian ulang terhadap proyek ini. Sejak dibangun proyek ini mangkrak dan tidak bisa dimanfaatkan. Bahkan saat musim penghujan ketinggian air cukup tinggi mencapai dua meter lebih. Setidaknya sudah ada tiga korban jiwa tenggelam karena bermain air di tempat ini.

“Ini sudah ada korban jiwa dan ini harus menjadi priorotas agar bisa dimanfaatkan. Maka dari itu soal underpass ini saya sampaikan ketika reses Sabtu di Wates,” kata politisi PDI Perjuangan ini.

Selain masalah underpass Kulur, dalam reses itu Novida juga banyak mendapatkan usulan pembangunan infrastruktur fisik di tengah masyarakat. Baik peningkatan jalan, penerangan jalan umum, hingga program pemberdayaan masyarakat.

Keberadaan dana keistimewaan, kata dia, tidak hanya terbatas pada kegiatan budaya saja. Namun masyarakat sudah mulai bisa mengakses dana ini untuk kegiatan seni budaya, sampai dengan pengembangan UMKM untuk kesejahteraan masyarakat.(Jati Asmoro-tie)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

11 − 9 =

Back to top button