Pendidikan Dan Budaya

Apresiasi Pelestarian Tradisi Leluhur, Kapolres Kulon Progo Dapat Gelar Baru dari Keraton Surakarta

KULON PROGO, detakjateng – Kapolres Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, AKBP Tartono mendapatkan gelar dari Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Pemberian gelar tersebut merupakan wujud apresiasi terhadap Tartono yang dianggap ikut melestarikan budaya leluhur.

Dikonfirmasi detakjateng, Perwira Menengah Polri ini mengaku tak mengira bila dirinya bakal mendapatkan penghargaan berupa gelar. Adapun gelar yang diberikan kepadanya ialah pangkat Bupati Riyo Inggil dengan sebutan Kanjeng Raden Aryo Tumenggung (KRAT) AKBP Tartono Suwitonagoro.

“Saya menerima pangkat dan gelar tersebut ketika peringatan Jumenengan atau peringatan naik tahtanya seorang raja di Kasunanan Surakarta. Peringatan dilaksanakan Senin (08/03) kemarin,” kata Tartono, Sabtu (13/03/2021).

Mendapatkan pangkat dan gelar dari salah satu keraton di Pulau Jawa itu tak lantas membuat Tartono tinggi hati. Menurutnya, gelar tersebut justru membuatnya harus lebih mawas diri dan berhati-hati dalam bertindak, pun dengan tanggung jawab yang lebih besar.

“Saya tentunya akan lebih menjaga diri sesuai dengan apa yang saya terima dari Keraton Kasunanan Surakarta itu,” tambah Tartono.

Pemberian anugerah ini, lanjut Tartono, akan dijadikan sebagai pemantik untuk bekerja lebih giat dalam memajukan instansi kepolisian khususnya Polres Kulon Progo. Sesuai dengan program dari Kapolri, yaitu Presisi (prediktif, responsibilitas, transparansi, berkeadilan). (Jati Asmoro/Pt)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five + seventeen =

Back to top button