Peristiwa

Awan Panas Meluncur, Hujan Abu Tipis Guyur 9 Desa Lereng Merapi

MAGELANG, detakjateng – Hujan abu tipis mengguyur beberapa wilayah lereng gunung Merapi kabupaten Magelang, Selasa (30/3/2021) pagi. Ada 3 kecamatan dengan 9 desa yang wilayahnya diguyur hujan abu tipis, menyusul adanya luncuran awan panas gunung Merapi dengan jarak 1,5 km. Meski luncuran ke arah barat daya, namun angin bertiup ke arah utara.

Plt Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Magelang, Edi Susanto mengatakan, hujan abu tipis di kecamatan Dukun meliputi desa Sengi, Paten, Mangunsoka, dan Krinjing.

Untuk wilayah Srumbung meliputi Desa Srumbung, Kradenan dan Bringin. Sedangkan di wilayah kecamatan Sawangan hujan abu tipis mengguyur Desa Krogowanan.

Edi mengatakan, secara umum wilayah KRB III Kabupaten Magelang aman dan kondusif. Tidak ada dampak hujan abu yang signifikan dan masyarakat tetap melakukan aktivitasnya seperti biasa. “Hujan abu juga berlangsung tidak lama dan berangsur-angsur mereda,” katanya.

Dari informasi dari BPPTKG yang diterima BPBD, awan pans guguran Merapi terjadi pukul 07.06 wib, tercatat di seismograf dengan amplitudo 60 mm dan durasi 135 detik. Jarak luncur kurang lebih 1.500 m ke arah barat daya dan angin bertiup ke utara.

Edi menghimbau warga lereng Merapi tetap tenang dan tidak panik, namun tetap meningkatkan kewaspadaan. Apalagi status Merapi sampai saat ini masih di level Siaga.

Ismanto, salah satu warga Desa Sengi Kecamatan Dukun mengatakan, saathujan abu tipis mengguyur wilayahnya, warga sedang melakukan kerja bakti di makam. Namun demikian, warga tetap melanjutkan pekerjaan karena hujan abu yang mengguyur dinilai tidak mengganggu aktivitas. “Ya saat warga sedang kerja bakti, tiba-tiba hujan abu tipis saja. Saat itu, warga sedang gotong royong mengambil pasir dan batu di sungai Trising,” katanya.

Hujan abu tipis nampak menempel pada daun-daun dan juga topi yang di pakai warga, Juga pada baju yang dikenakan. (watie/Pt)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × one =

Back to top button