Berita UtamaHukum, Kriminal Dan Militer

Empat Pembobol Spesialis ATM Dibekuk Polres Klaten

KLATEN, detakjateng – Kepolisian Resor (Polres) Klaten berhasil mengungkap kasus pembobolan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di wilayah setempat. Menyusul dibekuknya empat tersangka yakni Ap (41), EM (36) dan Fr (40) asal Lampung serta AYS (41) warga Sidoarjo Jatim. Selain tersangka polisi juga menyita barang bukti berupa sejumlah peralatan  termasuk satu unit mobil F 1885 JT

“Tersangka tertangkap tangan ketika menjalankan aksinya membobol  ATM di Komplek PG Gondang Baru Kecamatan Jogonalan Kab Klaten  pada 6 Maret 2021,” kata Kapolres Klaten Edy Suranta Sitepu dalam konperensi Pers di Mapolres setempat, Senin (8/3).

Komplotan pembobol spesialis  ATM, lanjut AKBP Edy Suranta Sitepu, berhasil dibekuk sehubungan aksinya sempat diketahui petugas yang melintas di dekat lokasi kejadian dan melapor ke kantor polisi terdekat tepatnya Polsek Jogonalan. Pada saat bersamaan ada tim Resmob yang berpatroli di lokasi setempat dan langsung beraksi serta berhasil  menangkap salah seorang tersangka. Dalam pemeriksaan tersangka mengaku beraksi bersama tiga temannya . Tak pelak lagi, polisi langsung melakukan pengejaran dan berhasil membekuk tiga tersangka lagi di daerah Ngawen .

Dalam pemeriksaan, keempat tersangka mengaku pernah menjalani hukuman karena melakukan tindak pidana. Diantaranya di lingkungan Polda Kaltim 18 TKP, Satu TKP di wilayah Polda Jateng.

Dalam pengembangan diketahui, komplotan ini juga beraksi di Surakarta, Pati, di Kendal, Pemalang dan terakhir di Klaten serta berhasil ditangkap. “Atas perbuatannya para pelaku dikenai pasal 363 KUHP Ayat (1) ke 4e, ke 5e Jo Pasal 53 Ayat (1) KUHP dengan ancaman hukuman penjara maksimal tujuh tahun penjara,” jelas Kapolres Klaten sembari menambahkan polisi juga menyita barang bukti  diantaranya berupa satu unit mobil F 1885 JT, Kartu ATM BRI, stik fibber modifikasi untuk mengambil uang, tang penjepit, senter dan gembok.

Sementara, Pimpinan Cabang Bank BRI Klaten, Sumarno menyampaikan apresiasi atas  keberhasilan polisi meringkus komplotan pembobol ATM . “Kami apresiasi luar biasa kepada Polres Klaten. BRI mempunyai 35 bilik ATM yang tersebar diwilayah Klaten. Sampai saat ini BRI selalu menjalin kerja sama yang baik dengan pihak Kepolisian dari Polsek hingga Polres Klaten,” terangnya. (Bagus/Pt)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five × five =

Back to top button