Berita UtamaPemerintahan

Kinerja Bupati dan Wakil Bupati Purworejo Sangat Baik

Purworejo, detakjateng-Prestasi membanggakan kembali diraih oleh Pemkab Purworejo. Pemghargaan kali ini diberikan kepada Bupati dan Wakil Bupati Purworejo, Agus Bastian-Yuli Hastuti mendapat predikat kinerja sangat baik. 

Kriteria kinerja ditunjukkan dari beberapa aspek yang dilaksanakan sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Purworejo. Hal itu disampaikan Inspektur Provinsi Jawa Tengah,  Hendri Santoso, saat memaparkan hasil pemeriksaan Akhir Masa Jabatan Bupati Purworejo, di ruang Arahiwang Setda Purworejo. 

Hadir Wakil Bupati Hj Yuli Hastuti SH, didampingi Sekda Drs Said Romadhon, Inspektur Drs R Achmad Kurniawan Kadir MPA, dan sejumlah Kepala Perangkat daerah.

“Dalam RPJMD 2016-2021 terdapat 162 Indikator Kinerja Daerah (IKD), Kabupaten Purworejo mendapatkan nilai 91,40. Sehingga mendapat predikat kinerja sangat baik,” kata Hendri Santoso.

Kinerja yang dinilai meliputi aspek kesejahteraan masyarakat, daya saing dan pelayanan umum. Pada aspek kesejahteraan masyarakat, ada 23 IKD pada RPJMD dengan hasil rata-rata capaian kinerja sebesar 87,92. Daya saing ada 10 IKD dengan hasil rata-rata capaian kinerja sebsesar 96,44. Sedangkan pelayanan umum ada 129 IKD dengan hasil rata-rata capaian kinerja sebesar 90,57. 

“Dari ketiga aspek tersebut Pemerintah Kabupaten Purworejo dalam merealisasikan kinerja mencapai skor 91,40, dimana skor 90 sampai 100 itu sangat baik. Ini menunjukan predikat kinerja sangat baik,” ujar Hendri Santoso.  

Dijelaskan, dalam melaksanakan pemeriksaan AMJ bertujuan untuk mengevaluasi target capaian dan kinerja bupati dan wakil bupati atas visi misi yang dituangkan dalam RPJMD.  Sasarannya kinerja capaian RPJMD tahun 2016-2021 dari indikator kinerja daerah yang meliputi aspek kesejahteraan masyarakat aspek daya saing daerah dan aspek pelayanan umum.  

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Yuli Hastuti mengapresiasi paparan dari Inspektorat Provinsi Jawa Tengah yang telah memberikan penilaian kinerja secara obyektif dan jelas. “Hasil penilaian ini menjadikan penyemangat jajaran Pemkab Purworejo untuk terus bekerja lebih baik. Termasuk akan memperbaiki yang kurang sempurna,” kata Yuli Hastuti.

Lanjutnya, hasil yang bagus bisa dicapai karena kerjasama dari semua OPD dan komunikasi yang dijalin secara intens dengan kepala daerah untuk memaksimalkan dalam merealisasikan visi misi Pemkab.  “Pada periode ke depan diharapkan, kita melaksanakan bersama-sama  dengan semua OPD. Terutama dalam merealisasikan kinerja dari berbagai aspek pembangunan. Insya Alloh akan mencapai lebih dan lebih bagus untuk kepentingan semua masyarakat kabupaten Purworejo,” pungkas Yuli. NING-tie

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

12 − seven =

Back to top button