Peristiwa

LDA dan Artis Ibukota Kerja Bakti Resik-resik Keraton Solo 

SOLO, detakjateng- Lembaga Dewan Adat (LDA) Keraton Kasunanan Surakarta bersama sejumlah elemen masyarakat melaksanakan kerja bakti membersihkan kompleks keraton, Senin (22/3/3021). Terlihat juga vokalis grup band Rian Ekky Pradipta atau dikenal sebagai Rian D’Masiv ikut membersihkan kawasan Pagelaran kompleks Keraton.

Ketua LDA Keraton Kasunanan Surakarta, GKR Wandansari mengatakan, kegiatan bersih-bersih lingkungan keraton tersebut dilakukan sebagai salah satu bentuk kepedulian LDA dan juga masyarakat terhadap kelestarian bangunan keraton.

“Rencananya kegiatan resik-resik keraton ini tidak hanya digelar kali ini saja, namun akan dilakukan secara kontinyu setiap hari sampai bulan September mendatang,” ujarnya kepada wartawan.

Perempuan yang akrab disapa Gusti Moeng itu  menambahkan, untuk pelaksanaan kerja bakti resik-resik keraton ada sekitar 350 orang yang terlibat. Baik dari elemen Sentono Dalem, Abdi Dalem, relawan, mahasiswa hingga masyarakat umum. Adapun bagian yang dibersihkan mulai dari kawasan Gladak hingga Alun-Alun Selatan. 

“Sebenarnya masih banyak masyarakat yang ingin bergabung di kegiatan hari ini, tapi karena ada batasan jumlah orang sesuai regulasi Satgas Covid-19 Kota Solo. Maka hari ini hanya 350 orang, tapi besok masih ada 200-an orang yang akan kerja bakti,” ujarnya.

Selain dibersihkan baik dari debu, sampah maupun rumput ilalang yang tumbuh tinggi seperti di Alun-Alun Utara, kegiatan resik-resik Keraton Solo itu juga akan dilanjutkan dengan pengecatan bangunan keraton. “Harapannya resik-resik selesai langsung kita lanjutkan dengan pengecatan sembari menunggu musim kemarau. Kalau dicat pas musim hujan seperti ini nanti jadinya sia-sia,” ucapnya. 

Sementara itu, Rian D’Masiv mengatakan ia ikut kegiatan resik-resik keraton sebagai relawan sebagai bentuk kepedulian terhadap pelestarian Keraton Surakarta di luar konflik internal yang tengah terjadi. 

“Meski saya besar di Jakarta namun tidak menghalangi saya menjadi relawan untuk bisa ikut dalam kegiatan hari ini. Dan saya akan ikut terus karena buat saya ini tanggungjawab luar biasa yang harus dilakukan dengan setulus hati, dengan ikhlas tanpa embel-embel apapun. Karena tujuannya kita melestarikan sejarah. Harapannya kegiatan yang kita mulai dari Keraton Solo ini bisa tersebar ke seluruh Indonesia,” katanya. (Putri/AN)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

sixteen + six =

Back to top button