Berita UtamaNasional

Mampir di Loji Gandrung Solo, Kapolri Terkenang Warung Gudeg Kesukaannya

SOLO, detakjateng- Di sela-sela kunjungannya di Kota Solo, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menyempatkan diri bernostalgia mengunjungi Rumah Dinas Walikota Solo, Loji Gandrung, usai meninjau vaksinasi massal di Pendapi Gede Kompleks Balaikota, Kamis (24/3/2021) sore.

Pantauan di lapangan, Kapolri didampingi Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi dan jajaran Pejabat Utama (PJU) baik di tingkat Mabes Polri hingga Polda Jateng langsung masuk ke dalam Loji Gandrung bersama Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka. Mereka pun beramah tamah di salah satu ruang pertemuan selama sekitar 1 jam. 

Sebelum meninggalkan Loji Gandrung, mantan Kapolresta Solo itu mengungkapkan banyak kenangan yang ia miliki di kota bengawan. Salah satunya warung gudeg langganannya yang berada di dekat rumah dinas walikota itu.

“Banyak kenangannya dan kesan di Kota Solo. Salah satu kenangannya, dulu kalau patroli lewat sini (Jalan Slamet Riyadi) pasti mampir (Gudeg) Mbak Yus yang ada di belakang situ. Ya, nanti kita cek apakah masih ada atau tidak,” ujarnya kepada wartawan. 

Kunjungan singkatnya ke Loji Gandrung juga disebut Kapolri sebagai salah satu nostalgia baginya. Menurutnya keberadaan Rumah Dinas Walikota Solo itu masih tetap sama seperti yang ada dalam ingatannya. Meski saat ini, bangunan peninggalan Belanda tersebut lebih banyak dimanfaatkan untuk kegiatan masyarakat. 

“Yang jelas Loji tidak banyak berubah, masih sama seperti dulu. Tadi juga mas Gibran cerita sekarang banyak kegiatan di sini. Kegiatan masyarakat juga dilakukan disini, bagus ya, karena masyarakat jadi bisa mengenal Loji,” ucapnya.

Kapolri Listyo Sigit diketahui memang pernah bertugas sebagai Kapolresta Solo selama sembilan bulan, yakni sejak April 2011 hingga Februari 2012. Saat itu, yang mendampinginya sebagai Wakapolresta adalah Kapolda Jateng saat ini, Irjen Pol Ahmad Lutfi. Dan Presiden Joko Widodo (Jokowi), saat itu menjadi Walikota Solo. (Putri/Pt)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fifteen + 4 =

Back to top button