Politik

Meninggal Akibat Kecelakaan, Ahli Waris Pengawas TPS Pilkada Terima Santunan BPJS

SUKOHARJO, detakjateng- Ahli Waris dari Almarhum (alm) Faradita Yulia Irawan petugas pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Desa Toriyo, Kecamatan Bendosari, Sukoharjo yang meninggal dunia beberapa waktu lalu mendapat santunan kematian dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, Selasa (9/3/2021). Penyerahan santunan itu dilakukan langsung oleh Dicky Hardiyanto Pejabat pengganti sementara kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Semarang didampingi Staf Sekretariat Bawaslu Provinsi Widiatmono dan Ketua Bawaslu Sukoharjo Bambang Muryanto.

Santunan diberikan langsung di rumah alm di Dukuh Trangsan RT 01/RW 01 Desa Toriyo, Kecamatan Bendosari, Sukoharjo. Santunan yang diterima ahli waris sejumlah Rp 42 juta. 

“Pihak keluarga ahli waris mengucapkan terima kasih atas santunannya yang telah memperhatikan tenaga kerja untuk pemerintah,” ucap ayah alm, Didik Supardi (59).

Alm Faradita Yulia Irawan diketahui meninggal dunia usai mengalami kecelakaan di Jalan Raya Bekonang – Sukoharjo. Peristiwa tersebut terjadi H+6 pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020, atau tepatnya pada tanggal 15 Desember 2020.

Dicky menyampaikan, santunan yang diberikan ke ahli waris ini merupakan perjanjian kerjasama antara Bawaslu Provinsi dengan BPJS Ketenagakerjaan. Sehingga dalam hal ini, seluruh pengawas diberikan perlindungan. 

Tercatat di Jawa Tengah, ada 20 pengawas yang meninggal saat masih bertugas sebagai pengawas pemilu, dan satu diantaranya dari Kabupaten Sukoharjo. 

“Khusus di Sukoharjo, alm Faradita meninggal saat masih dalam masa perlindungan sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Sukoharjo Bambang Muryanto mengatakan, masa habis kerja pengawas TPS yakni H-23 hingga H+7 pelaksanaan Pilkada. Sehingga dalam hitungan itu, alm Faradita masih berstatus sebagai pengawas TPS. “Dia (alm) meninggal seketika karena terlibat kecelakaan,” katanya.

Bambang menambahkan, memberikan perlindungan kepada para tenaga kerja Petugas Pengawas Pemilu ini adalah bentuk tanggungjawab dari Bawaslu Kabupaten Sukoharjo. Sehingga para pekerja dan keluarga dirumah dapat merasa aman dan nyaman. (FarraYumna/Pt)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 × four =

Back to top button