Berita Utama

Pembangunan Jalur KA Bandara YIA Capai 80 Persen Lebih

KULONPROGO, detakjateng – Proses pembangunan jalur kereta trase bandara Yogyakarta International Airport (YIA) di Kapanewon Temon telah mencapai separuh lebih. Saat ini, pembangunan tengah difokuskan pada pembuatan konstruksi utama.

Kepala Humas Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Supandi, mengatakan fasilitas pendukung yang nantinya bakal dibangun di jalur KA Bandara YIA sepanjang lima kilometer mengikuti desain yang sudah dibuat. Berdasarkan target perencanaan, prpses pembangunan bakal rampung pada tahun ini.

“Untuk sampai saat ini progres pembangunan sudah mencapai 82,82 persen. Sedangkan, untuk pembangunan fasilitas pendukung sesuai dengan desain yang sudah ditentukan,” ujar Supandi saat dikonfirmasi pada Kamis (11/03/2021).

Saat ini, lanjut Supandi, pihaknya juga fokus untuk merampungkan konstruksi struktur elevated dan pemasangan pilar serta pondasi rel sehingga jalur tersebut aman dari banjir. Hal ini perlu diperhatikan lantaran jalur kereta api ini melintang di tiga kalurahan, yakni Kedundang, Glagah dan Kaligintung.

Disinggung mengenai pembebasan bidang lahan yang sudah dilakukan jawatannya diklaim hampir rampung. Setidaknya 91 persen atau 512 bidang telah dibebaskan.

Dari lima kilometer jalur KA Bandara YIA juga tidak akan dibangun stasiun baru. Stasiun Kedundang juga dinyatakan oleh Supandi diperuntukkan untuk stasiun operasi, bukan untuk stasiun penumpang.

“Stasiun Kedundang untuk stasiun operasi, bukan untuk  stasiun penumpang. Untuk titik pemberhentian disesuikan dengan pola operasi. Tidak ada stasiun yang akan di bangun lagi,” sambung Supandi.

Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa Bagian Tengah, Nur Setiawan Sidik sebelumnya mengatakan jika pembangunan jalur KA Bandara YIA ditargetkan rampung pada Juli 2021. Sidik menjelaskan pihaknya kini sedang berfokus pada pembangunan konstruksi struktur elevated dan pemasangan pilar serta pondasi rel.

“Target kita Juli 2021 itu sudah selesai semuanya, mudah-mudahan malah bisa lebih cepat lagi,” kata Sidik. (Jati Asmoro/Pt)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × four =

Back to top button