Hukum, Kriminal Dan Militer

PT Sidoagung Farm Di Hukum Denda Rp 1 Milyar Terkait Limbah

MAGELANG, detakjateng – PT Sidoagung Farm sebuah perusahaan pakan ayam di Tempuran Kabupaten Magelang, di hukum denda membayar Rp1 milyar oleh PN setempat. Perusahaan itu dinyatakan bersalah melakukan tindak pidana yang terkait dengan limbah pabrik. Penyerahan uang denda 1 milyar kepada Kejaksaan Negri dilakukan hari ini, Rabu (10/3/2021) oleh Asrokh Nawawi mewakili perusahaan.

Kepala Kejaksaan Negri Kabupaten Magelang Edi Irsan dalam jumpa pers  mengatakan, bahwa putusan denda Rp 1 milyar itu sudah memiliki kekuatan hukum tetap. Selain denda 1 milyar, perusahaan itu juga di wajibkan membersihkan lokasi pencemaran limbah B3 atau bahan beracun berbahaya, produk hasil sisa pembakaran.

Edi mengatakan, yang bersangkutan di sangka dengan pasal 103 UU no 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Uang itu selanjutnya diserahkan kepada negara melalui sebuah bank negara di Kabupaten Magelang.

Menurut Kajari, dengan denda ini, pihak Kejaksaan telah memberikan masukan Penerimaan bukan Pajak kepada negara sebesar Rp 1 milyar.

Kajari menyatakan, kasus ini sudah diselidiki oleh pihak kepolisian sejak tahun 2019 lalu. Dari hasil penyelidikan, di temukan aanya limbah B 3 atau bahan bakar beracun dan dianggap melanggar UU. (watie/an)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

sixteen − 14 =

Back to top button