Ekonomi

Rintis Usaha Rengginang, Wanita Asal Rembang Raih Penghargaan dari Kementrian PP & PA

REMBANG, detakjateng – Dua wanita asal Rembang, Selasa (9/3)
mendapat penghargaan dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Keduanya adalah Damisih warga Desa Pasarbanggi Rembang Kota dan Zaenab Hafit asal Desa Pedak, Kecamatan Sulang. 

Keduanya mendapat penghargaan atas kerja kerasnya dalam mendorong pemberdayaan perempuan di lingkungannya pada masa pandemi Covid-19. Penghargaan itu diberikan dalam rangka memperingati Hari Perempuan Internasional (HPI) yang jatuh pada Senin, 8/3.

Damisih, mengaku menerima penghargaan sebagai pelaku industri rumahan dan perempuan yang gigih meningkatkan kewirausahaan perempuan. 

Ibu tiga anak ini menyatakan, perjuangannya membangun usaha rumahan membuat rengginang dan dipadukan dengan olahan hasil laut tidak mudah. Banyak tantangan, terutama ketika barang yang diproduksi tidak laku dijual.

Namun berkat kegigihan dan semangat pantang menyerah, Damisih mampu mengembangkan industri rumahannya, sekaligus membuka lapangan kerja bagi ibu rumah tangga di sekitar rumahnya.

“Saya juga membuka pelatihan agar ibu-ibu di desa saya dapat membuka usaha sendiri dan membantu ekonomi keluarga, ” ungkap Damisih.

Sementara itu Zaenab Hafit, warga Desa Pedak, Sulang, menerima penghargaan sebagai pendamping industri rumahan.

Sedikitnya ada 650 industri rumahan yang ia dampingi hingga saat ini. Zaenab mengaku banyak suka -duka, dalam mendampingi pelaku industri rumahan.Termasuk kesulitan merubah pola pikir mereka. 

“Pernah suatu ketika saya menerima telepon dari salah satu suami pelaku industri rumahan yang protes karena tidak suka melihat istrinya ikut pelatihan. Dengan alasan perempuan harus di rumah saja. Padahal tujuan industri rumahan semata-mata agar para perempuan lebih berdaya secara ekonomi,” tandan Zaenab.

Berdaya bukan sekedar perempuan yang kerja di kantoran. Dengan berwirausaha, perempuan bisa  manfaat bahi keluarga dan masyarakat dilingkungannya.(Daryono/Pt)

Lainnya

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × 2 =

Back to top button